UncategorizedAturan Pengeboran Sumur Dalam Ditetapkan pada Peraturan Pemerintah

July 21, 2021by XCMG Indodrill0

Dalam membuat sumur, sebagai masyarakat kita harus memahami aturan pengeboran sumur dalam. Terdapat aturan serta larangan yang pemerintah berikan terhadap masyarakat, sebab bila asal dalam mengebor maka bisa terjadi kerusakan lingkungan.

Sumur dikenal sebagai sumber mata air bagi manusia yang berasal dari bawah tanah, bila digali dalam keadaan tertentu. Tidak hanya air, Anda juga bisa menemukan minyak atau gas pada daerah tertentu yang memang mengandung zat tersebut.

Diperlukan aturan pengeboran sumur dalam beserta perizinan serta penelitian terlebih dahulu. Karena bila tidak dapat menimbulkan kerusakan seperti munculnya gas yang mematikan, atau semburan lumpur yang pernah terjadi pada beberapa daerah di Indonesia.

Jadi akan lebih baik bagi Anda yang ingin menggali, untuk memanggil jasa penggali sumur terlebih dahulu. Dan paling penting Anda sudah memegang perizinan dari pejabat daerah setempat, serta tidak asal menggali saja.

Aturan Pengeboran Sumur Dalam pada Peraturan Pemerintah

Pemerintah memiliki beberapa aturan yang harus ditaati oleh masyarakat terhadap penggalian sumur yang dilakukan pada pemukiman warga, maupun perindustrian. Hal ini agar tetap menjaga ekosistem serta kestabilan tanah.

  1. Pembuatan Sumur

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2008 Pasal 5,  kebijakan akan diatur sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh masing-masing provinsi dan juga tingkat kabupaten atau kota.

Sehingga aturan pengeboran sumur dalam pada masing-masing daerah akan berbeda, sesuai dengan provinsi tersebut. Namun memiliki kandungan yang sama seperti halnya tingkat kebutuhan masyarakat terhadap air, serta bagaimana kondisi ekonomi masyarakat.

Diperhatikan juga kondisi lingkungan saat akan dilakukan pengeboran, potensi tanah dan cekungan tanah pada daerah tersebut. Hal ini semata-mata untuk mencegah kerusakan lingkungan, dan juga memperhatikan kehidupan masyarakat.

  1. Tingkat Kedalaman

Kedalaman sumur ditentukan berdasarkan kepentingan masyarakat setempat, dan pastinya berbeda-beda pada setiap daerah. Bila sumur dibuat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, maka batas pengambilan air 100 meter kubik.

Untuk kedalaman bisa berbeda-beda setiap daerah, dan penentuan tersebut dilakukan oleh pejabat daerah setempat. Kemudian bila sumur dibuat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan instansi, maka instansi tersebut harus menyiapkan beberapa dokumen.

Bila dokumen seperti Fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan, Fotokopi Surat Izin  Perusahaan Pengeboran serta dokumen lainnya maka Anda dapat melakukan pengeboran, karena sudah mengantongi izin dari daerah setempat.

Sumur Dalam bagi Sumber Mata Air

Membuat sumur memang tidak semudah itu, diperlukan pemahaman masyarakat akan aturan pengeboran sumur dalam. Hadirnya sumber air tentu dapat bermanfaat bagi manusia, karena air merupakan sumber daya alam yang dapat digunakan untuk apapun.

  1. Mendapat Sumber Air Gratis

Penggunaan air dari dalam sumur, tidak dipungut oleh biaya karena berasal langsung dari alam. Sehingga bila kita dalam keadaan darurat membutuhkan air, namun tidak memiliki uang, air dalam sumur tersebut dapat digunakan.

Namun bila Anda menggunakan mesin pompa yang memerlukan energi listrik, mungkin biaya yang akan Anda keluarkan adalah listrik dari mesin tersebut. Namun pengeluaran akan jauh lebih hemat.

  1. Bermanfaat bagi Tubuh Manusia

Air yang kita konsumsi sehari-hari harus terbukti bersih, sehingga kandungan pada air tersebut dapat bermanfaat bagi tubuh, seperti halnya mineral dan magnesium. Maka dari itu, sebelum melakukan pengeboran perlu diperhatikan kondisi tanah.

Tanah yang tercemar bisa menyebabkan air dalam tanah tersebut juga ikut tercemar, sehingga tidak aman untuk dikonsumsi. Akan lebih baik untuk merebus air tanah terlebih dahulu, agar lebih aman dan kuman serta bakteri dapat mati.

  1. Dapat Disimpan

Bila Anda menggunakan mesin pompa, maka akan lebih praktis untuk menyimpan air yang nantinya bisa tersimpan ke dalam toren. Sehingga bila sewaktu-waktu membutuhkannya, Anda tidak harus memompa terlebih dahulu.

Selain itu menyimpan air dalam toren, mempermudah Anda dalam menggunakannya apabila listrik sedang mati sehingga pompa tidak bisa menyala. Selain itu menyimpan air dalam tabung atau wadah, juga akan berguna bila Anda membutuhkan air segera.

Aturan tersebut dibuat agar mencegah kerusakan lingkungan, yang akan berpengaruh pada masyarakat juga nantinya. Anda harus memperhatikan aturan pengeboran sumur dalam yang berlaku pada daerah tempat Anda tinggal, sebelum melakukan pengeboran. XCMG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *