Artikel Alat BeratMengenal Pipe Jacking Method dalam Pembangunan

July 14, 2021by XCMG Indodrill0

Pipe Jacking method, biasanya digunakan untuk pengerjaan pembangunan dalam skala besar seperti jalan tol, bangunan yang melintasi sungai, serta bangunan yang dibangun pada daerah strategis dengan nilai ekonomis tinggi.

Di beberapa negara salah satunya Indonesia, pembangunan besar-besaran seperti ini sering terjadi dan merupakan hal biasa. Apalagi saat ini di Indonesia, pada beberapa daerah sedang diadakan pembangunan jalan tol dan metode ini cukup sering digunakan.

Pipe jacking method adalah proses pemasangan pipa, yang mana di bawah permukaan jalan akan dilakukan pengeboran, lalu mendorongkan pipa beton tersebut menggunakan tekanan hidrolik.

Penggunaan metode ini dinilai lebih mudah, dan ramah lingkungan. Terdapat kelebihan yang dimiliki oleh metode ini yang tidak dimiliki oleh metode pembangunan lain, sehingga beberapa pembangunan skala besar lebih memilih untuk menggunakannya.

Mengenal Pipe Jacking Method

Metode pipa jacking, merupakan metode yang sudah tidak asing bagi pembangunan di Indonesia. Tujuan utama penggunaan metode ini adalah memungkinkan air limbah mengalir melalui pipa beton yang berada di bawah jalan.

Biasanya metode ini memang diaplikasikan pada daerah perkotaan, karena minimnya daerah resapan air yang dapat menampung air hujan. Daerah perkotaan mayoritas menggunakan aspal, terkadang sulit untuk menampung air dikala hujan.

Minimnya lahan terbuka hijau, juga menjadi salah satu faktor penyebab banjir. Sehingga penggunaan pipa ini dalam pembangunan jalan, dinilai lebih efektif dalam penanggulangan banjir saat hujan.

Pada negara-negara maju seperti Jepang dan Australia, pemasangan pipa beton sebagai saluran pembuangan bawah tanah merupakan hal yang biasa terjadi, dan sudah lama negara tersebut menggunakan metode ini.

Nilai positif lainnya pada metode ini adalah, tanpa memerlukan galian terbuka pemasangan pipa beton dapat dilakukan. Galian terbuka pada jalan pasti akan menghambat arus lalu lintas, serta mengganggu aktivitas masyarakat.

Selain itu masyarakat akan terganggu dengan polusi udara, akibat dari debu atau kotoran. Kemudian suara serta getaran yang ditimbulkan dapat menyebabkan polusi suara.

Faktor Utama Pipe Jacking Method

Dalam pengaplikasian metode pipa jacking, dilakukan observasi terlebih dahulu baik pada lingkungan, maupun masyarakat di sekitarnya yang mungkin saja akan terdampak pada pembangunan ini.

  1. Penduduk

Sebelum melakukan pemasangan pipa beton ini, perlu diadakan observasi terhadap penduduk setempat. Bila pada daerah tersebut padat penduduk, maka hal tersebut akan berpengaruh pada banyaknya pasokan air limbah yang dihasilkan.

Sehingga pemasangan pipa beton, serta jaringan air limbah akan ditambah agar proses pembuangan air limbah akan lebih efisien.

  1. Kondisi Daerah

Kondisi daerah pada lingkungan merupakan hal penting untuk diperhatikan, apakah kondisi tanah cukup stabil untuk dilakukan pengeboran atau tidak. Serta apakah daerah yang akan dipasang pipa, dilintasi oleh kereta api, sungai atau lalu lintas padat.

Semua hal itu akan berpengaruh pada pemasangan pipa pipe jacking method, serta untuk mencegah kerugian-kerugian yang kemungkinan dapat ditimbulkan. Selain itu, perlu dilakukan perizinan terlebih dahulu, sebelum melakukan pemasangan pipa tersebut.

  1. Kondisi Sanitasi Lingkungan

Sanitasi lingkungan pada daerah perkotaan dinilai lebih minim, dibandingkan dengan daerah pedesaan. Hal ini mungkin saja disebabkan oleh pembuangan air limbah yang cara pembuangannya belum benar, sehingga menimbulkan sumber penyakit pada masyarakat.

Sanitasi berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat. Cara instalasi pengolahan air limbah terpusat dengan baik dan benar, sehingga dapat mencegah penyakit-penyakit yang dapat ditimbulkan bagi masyarakat yang mengonsumsi air tersebut.

  1. Iklim

Meskipun dapat menggunakan sistem tanpa galian terbuka atau trenchless, terdapat beberapa kondisi yang mengharuskan adanya galian terbuka atau open trench. Bila menggunakan sistem open trench, maka kondisi cuaca sangat berpengaruh.

Saat kondisi cuaca di Indonesia terbilang sulit untuk ditebak, sehingga pengerjaan ini harus dilakukan dengan cepat dan tidak membuang-buang waktu.

Terlebih lagi saat musim hujan sudah tiba, lebih baik pemasangan pipa beton diundur terlebih dahulu untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

  1. Sosial Budaya

Seringkali terjadi isu sosial antara masyarakat dan pekerja lapangan, hal ini disebabkan oleh terganggunya masyarakat akan pembangunan tersebut. Maka dari itu, pentingnya meminta persetujuan dan perizinan dari masyarakat agar pengerjaan dapat berjalan dengan lancar.

Setiap pembangunan pasti memiliki dampak negatif serta positif, meskipun metode ini terlihat sempurna tetapi pasti ada saja kekurangan yang mungkin belum diketahui oleh manusia.

Namun di luar hal itu semua, semoga penggunaan pipe jacking method dapat digunakan sebagai metode pembangunan yang sering digunakan di Indonesia. XCMG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *