Apa itu EPB ( Earth Pressure Balance ) di sistem Pipe Jacking / Tunnel Boring Machine ?

Earth Pressure Balance, atau EPB, adalah metode terowongan mekanis di mana bahan yang digali digunakan untuk menopang permukaan terowongan saat sedang diplastisisasi (kemampuan butir tanah halus untuk mengalami perubahan bentuk tanpa terjadi perubahan volume / pecah)   menggunakan busa/bubur semen ( slurry adalah campuran yang bersifat plastis, dimana terdiri dari semen Portland dan air yang di pompakan ke dalam lubang sumur / terowongan untuk menyemen pipa selubung dan merupakan sekat untuk mencegah migrasi fluida antarformasi)  & aditif lainnya agar dapat diangkut dan kedap air.

Material hasil galian diangkut ke dalam tunnel boring machine (TBM) melalui susunan konveyor ulir yang memungkinkan tekanan di muka TBM tetap seimbang tanpa menggunakan slurry.

Mesin Bor Terowongan / Pipe Jacking EPB dirancang untuk tanah lunak yang mengandung air di bawah tekanan. TBM EPB dapat menangani endapan sedimen lepas dengan bongkahan bongkahan besar dan muka air tanah yang tinggi.

Material hasil galian diangkut oleh konveyor sekrup dari ruang galian ke konveyor sabuk. Kombinasi output dari konveyor sekrup dan tingkat kemajuan TBM memastikan bahwa tekanan dukungan di ruang penggalian dapat dikontrol dengan tepat. Memantau secara terus menerus keadaan keseimbangan di ruang galian melalui sensor tekanan tanah, memungkinkan operator untuk mengontrol dan menyinkronkan semua parameter tunneling. Ini memungkinkan tingkat kemajuan yang tinggi dan mengurangi risiko perubahan di permukaan.

Untuk memperbaiki kondisi tanah untuk tunneling EPB beberapa bahan pendingin dapat disuntikkan melalui kepala pemotong dan kepala curah. Dengan mengubah kondisi tanah, pembuatan terowongan di tanah yang mengandung kerikil, pasir atau air atau dalam geologi yang tidak stabil juga dimungkinkan

Kepala pemotong mesin / cutterhead pipe jacking akan dirancang khusus untuk kondisi tanah proyek. Tergantung pada persyaratan kepala akan dilengkapi dengan pemotong atau ripper disk, atau kombinasi keduanya. Semua kepala pemotong / cutterhead akan memiliki rasio pembukaan yang dioptimalkan.

Related Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments