Berbagai Alat Pengeboran Sumur Dalam yang Wajib Diketahui

alat pengeboran sumur dalam

Umumnya, terdapat beberapa alat pengeboran sumur dalam (deep well) yang digunakan agar proses pengerjaan dapat dilakukan secara maksimal dan agar bisa selesai dengan tepat waktu. Ada beberapa jenis sumur yang biasanya dibangun di Indonesia guna memenuhi kebutuhan air untuk rumah tangga maupun gedung-gedung.

Salah satu jenis sumur yang paling banyak ditemukan di kawasan perkotaan terutama di area padat penduduk adalah sumur dalam atau deep well. Jenis sumur tersebut dapat dijadikan sebagai sumber utama buat memperoleh air bersih. Dibandingkan dengan jenis lainnya, ternyata ini memiliki beberapa kelebihan seperti sumber air lebih berlimpah hingga mempunyai tingkat kebersihan yang terjamin.

Walaupun menawarkan sumber pengairan cukup besar, tetapi dalam proses pembuatannya ternyata juga tidak mudah dan cukup berbahaya. Itulah yang menyebabkan proses pembuatannya ternyata tidak boleh dilakukan oleh sembarangan orang. Di samping itu, penggunaan alat-alat yang mampu menembus lapisan tanah batu juga dibutuhkan pada proses pengeboran.

Untuk Anda yang ingin memiliki jenis sumur ini, pastikan Anda mengetahui jasa pembuatan yang tepat. Saat ini sebenarnya sudah tidak sulit lagi untuk menemukan keberadaan jasa pembuatannya atau kontraktor. Tetapi memang tidak semuanya dapat dipercaya begitu saja. Inilah pentingnya buat mengetahui bagaimanakah kredibilitas dan tingkat profesionalitas dari sebuah perusahaan.

Macam-macam Alat Pengeboran Sumur Dalam

Dalam proses pembuatannya, biasanya akan membutuhkan beberapa alat pengeboran sumur dalam. Penggunaan alat-alat tersebut digunakan sebagai upaya untuk memberikan kemudahan dalam pekerjaan dan supaya bisa terselesaikan dengan cara maksimal. Berikut ini beberapa alat yang digunakan tersebut.

  • Boring atau Deep Well Drilling Machine

Peralatan pertama yang sangat penting keberadaannya adalah boring atau deep well drilling machine atau mesin pengeboran bor sumur dalam. Ini merupakan bagian paling krusial dan mempunyai peran sangat penting. Tanpa mesinnya, maka lubang pengeboran yang akan digunakan untuk pembuatan sumur memang tidak akan pernah terbentuk.

Adapun sistem kerja yang dimilikinya yakni alat memiliki power untuk putaran atau rotasi, tekanan, power putaran yang digunakan agar bit memutar agar dapat mengikis tanah yang sedang dibor. Sedangkan untuk bagian power tekanan sendiri digunakan buat menembus tanah dan sebagai tenaga untuk penetrasi.

  • Drill pipe

Alat pengeboran sumur dalam berikutnya adalah drill pipe di mana keberadaannya tidak bisa dilepaskan dengan mesin bor. Drill pipe biasanya mempunyai panjang 1,5-9 meter atau sesuai dengan kebutuhan. Ini merupakan jenis peralatan yang paling panjang karena fungsi utamanya digunakan buat mencapai kedalaman yang diinginkan.

Di samping itu, drill pipe sendiri digunakan buat menambah kedalaman pada proses pengeboran. Secara singkat, semakin panjang dari pipa bornya yang dimasukkan ke dalam maka semakin dalam juga lubang proses bornya. Untuk penggunaannya akan dimasukkan perbatang.

  • Matabor

Merupakan peralatan yang berfungsi untuk menggilas tanah yang kan dibor. Cara kerjanya, drilling machine akan memutar bagian spindlenya sehingga pipa drill akan langsung mengikuti arah putarannya. Dengan keberadaan matabor inilah akan membuat tanah sedikit demi sedikit bisa langsung tergerus.

  • Travelling block

Biasanya travelling block berada di posisi paling atas di dalam rig pengeboran. Adapun fungsi utamanya adalah sebagai pengangkat beban berat seperti pipa drill hingga matabor. Sebenarnya bukan alat utama di proses drilling tetapi apabila tidak terdapat alat ini maka proses pengeboran tidak bisa terlaksana

Peralatan Lainnya dalam Pengeboran Sumur Dalam

Selain penggunaan alat-alat diatas, ternyata masih ada banyak lagi komponen-komponen yang biasanya digunakan untuk proses pengeboran diantaranya adalah sebagai berikut

  • Water swivel

Peralatan satu ini bisa ditemukan di bawah travelling block yang mempunyai fungsi sebagai penyalur air dan chemical drilling ke dalam lubang pengeboran. Alat tersebut mempunyai lubang di mana akan disambungkan dengan menggunakan selang sebagai jalannya drilling fluid,

  • Menara bor

Ini juga termasuk ke dalam salah satu peralatan utama di mana juga tidak bisa dipisahkan dengan proses drilling. Adapun fungsinya digunakan sebagai sarana agar travelling block dapat bekerja dengan semestinya. Di samping itu, keberadaannya juga diibaratkan sebagai atap di dalam rangkaian.

  • Hoisting plug

Masih ada komponen lainnya di mana digunakan dalam proses pengeboran yakni hoisting plug. Adapun manfaatnya adalah sebagai sarana buat menarik maupun menurunkan pipa drill.

Keberadaan sumur deep well menjadi solusi terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan sumber air dalam jumlah banyak untuk kebutuhan rumah tangga maupun gedung-gedung di kawasan padat. Dalam proses pembuatannya, membutuhkan serangkaian alat pengeboran sumur dalam. XCMG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *