Artikel Alat BeratCara Kerja Metode Bored Pilled untuk Pemasangan Pondasi Bangunan

February 10, 2021by XCMG Indodrill0

Metode bored pilled menjadi salah teknik yang sering digunakan kontraktor dalam membangun rumah atau kantor. Hanya saja, menggunakan cara ini harus memperhatikan banyak hal terutama kondisi tanah. Harus kuat dan kokoh, mempunyai daya dukung mencapai kedalaman 15 meter. Langkah tersebut biasa dilakukan diperkotaan.

Terutama kawasan elit di mana beberapa area sudah berdiri bangunan terlebih dulu. Cara pengerjaannya tidak terlalu sulit. Menentukan dulu diameter serta ke dalam tanah. Lalu, melakukan pengeboran menggunakan berbagai macam alat berat seperti Drilling agar mencapai kedalaman yang diinginkan. Selanjutnya, memasukkan tulang baja.

Tetapi, sebelum proses itu berlangsung, tulang baja ini dirakit terlebih dulu bersama lubang bor. Kemudian, lakukan penambahan dengan berbagai material contohnya beton. Prosesnya akan bertambah dengan memasukkan pipa besi, fungsinya untuk menahan dinding lubang. Jika, saat melakukan pengeboran itu ditemukan air.

Pada saat proses pengecoran pipa ini akan di tarik keluar. Secara teknis metode bored pilled tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara lain dalam sistem pembentukan pondasi. Tetapi, tetap ada beberapa perbedaan. Terutama saat proses pengerjaannya, serta waktu yang dibutuhkan dan berhubungan juga dengan biaya.

Proses Pengeboran yang Dilakukan Pertama Kali

Selama prosesnya ada dua cara dapat dilakukan pertama, dry drilling atau keadaan tanah tidak basah. Biasanya mata bor berbentuk spiral, tahapnya adalah mata bor memutar kemudian diangkat saat mencapai 0,5 meter. lakukan seperti itu terus menerus setiap intervalnya. Sampai menempuh kedalaman tertentu.

Sistem kedua saat kondisi basah atau wash drilling. Penggalian ini memiliki travel speed hingga 375 rpm, tekanannya kurang lebih 200 kg. Tetapi, perlu perhatikan kondisi tanah tersebut. Bila mudah runtuh atau longsor perlu tambahkan casing dulu. Kemudian, penambahan peralatan memakai pompa NS-80.

Agar penembakan mudah karena, melalui lubang pada stang bor. Kikisan tanah itu akan berubah jadi lumpur kemudian, keluar melalui lubang. Hingga titik tertentu sesuai yang direncanakan maka aktivitas akan berhenti. Tetapi, mata bor masih tetap berputar hanya saja penekanan beban mulai berkurang.

Pada metode bored pilled air didalam tanah akan mengalir menuju ke lubang, sirkulasi ini terus terjadi hingga semua serpihannya berkurang. Proses ini berlangsung cukup lama, pada saat dibersihkan tulang baja hingga pipa tremi harus dipersiapkan dekat dengan lubang bor.

Setelah dirasa bersih, maka stang akan masuk tahap selanjutnya yaitu pengangkatan. Kebersihan lubang ini membuat konstruksi dan pondasi jauh lebih baik. Agar maksimal usahakan melakukan pembersihan itu menggunakan alat khusus. Dengan begini kekuatan pondasi akan terjamin, terakhir tahap pemasangan beton dan pengecoran.

Kelebihan dari Metode Bored Pilled

Bagi Anda yang mempunyai lahan sempit, menggunakan metode ini sangat menguntungkan karena, dapat dilaksanakan di tiang kelompok. Selain itu, saat pengeboran hal yang harus direncanakan terlebih dulu adalah ke dalam serta diameter. Langkah ini dapat dengan mudah menentukannya, hingga berbagai macam variasi.

Memiliki ketahanan sangat baik terutama pada beban lateral atau sebuah momen di mana pondasi akan bekerja secara maksimal saat terjadi beban oleh alam yaitu, gempa, gaya angin sampai beban statis. Memang, prosesnya mengakibatkan getaran pada tanah, Hanya saja, tidak membuat bangunan sampingnya rusak.

Metode bored pilled akan langsung memeriksa permukaan bagian atas akan. Dengan begini memastikan kondisi dari pondasi akan baik dan tahan lama. Pada tanah berair atau lempung, strukturnya tiangnya tetap. Tidak bergeser ke arah lain atau sampai bergelombang.

Kekurangan dari Menggunakan Langkah Ini

Sayangnya, ada beberapa kelemahan dan kekurangan seperti keadaan cuaca menjadi faktor utama keberhasilan dari sistem ini. Bila terlalu buruk, proses pengecoran akan sangat sulit sehingga, membutuhkan waktu cukup lama. Selain itu, pada tanah berpasir mampu mengakibatkan longsor, jadi harus menambahkan penahan longsor.

Atau penambahan pemasangan casing. Agar mendapatkan hasil, membutuhkan alat berat berkualitas terutama pada saat proses drilling. Apalagi, saat ini sudah banyak macam alat dengan berbagai fungsi dan keunggulan. Oleh karena itu, jangan sampai salah dalam melakukan pembelian atau persewaan.

Lakukan di tempat yang tepat yaitu XCMG Indodril. Perusahaan bergerak di bidang jual beli serta sewa alat berat untuk pondasi. Banyak ragam serta pilihannya dan dijamin berkualitas. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website di www.xcmgindodrill.com. Disini tersedia banyak alat berat untuk metode bored pilled.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *