Artikel Alat BeratDrill Jumbo adalah Alat Pertambangan dan Tunneling

April 14, 2021by XCMG Indodrill0

Drill jumbo adalah sebuah alat khusus untuk mempermudah pembangunan di area pertambangan bawah tanah. Peralatan ini berperan untuk mengebor di dalam tanah dilengkapi pula oleh mesin-mesin bertenaga khusus. Banyak ditempatkan untuk proyek penggalian dengan tingkat perkerjaan tinggi.

Seperti kita ketahui bahwa terdapat berbagai alat atau produk yang digunakan untuk pertambangan. Selain itu bisa juga dipakai sebagai alat pengeboran terowongan. Tidak sedikit industri memanfaatkan keuntungan dari alat drill jumbo, dirancang khusus, super canggih bahkan tidak membutuhkan perawatan ekstra.

Drill jumbo memiliki setidaknya tiga model yang sering dipasarkan. Masing-masing memiliki kegunaan serta kualitasnya tersendiri. Di antaranya adalah single, double atau three boom hydraulic pilot. Ketiganya adalah mesin dengan kualitas tinggi berguna sebagai alat pembantu teknisi pengeboran jangka pendek.

Single Boom Hydraulic Pilot Drill Jambo

Mesin bor ini berfungsi baik untuk proyek pengeboran, pertambangan, atau pembuatan terowongan bawah tanah. Dapat membantu manusia menggali lubang untuk mengambil logam di dalam kerak bumi. Bahkan sebagai alat mempermudah pembangunan jalan raya, memperbaiki instalasi listrik serta air.

Drill jumbo adalah alat pengebor yang memiliki jangkauan area maksimal 35 meter persegi dilengkapi dengan fitur-fitur teknik. Komponen bor memanfaatkan mesin hidraulik, mengadopsi proses khusus dalam perencanaan struktur bangunan kuat. Selama proses, mesin dapat berjalan cepat, tinggi dan daya konsumsi lebih rendah.

Terdapat baling-baling yang terpadang pada model single. Memiliki daya tinggi serta anti lentur. Bahkan selama penggalian alat tidak mudah mengalami distorsi atau kelelahan. Bagi proyek pertambangan, masa pakainya relatif lama, awet sekaligus tahan lama. Perawatannya juga mudah dilakukan meski harus dicek secara berkala.

Pada mesin drill tipe single dilengkapi mata bor untuk mempermudah penggalian secara presisi atau lebih tepatnya akurat tanpa khawatir melenceng. Tingkat sistem pengeboran ada tiga tahapan termasuk mengurangi konsumsi daya agar hemat dan minim pengeluaran. Sedangkan pada hydraulic system, didesain secara sederhana agar mudah perawatannya.

Double Boom Hydraulic Pilot Drill Jambo

Double boom Drill jumbo adalah adalah versi lain. Dibuat sesuai dengan spesifikasi lubang galian yang ingin dibuat. Bisa dipakai untuk pengeboran skala kecil hingga besar menggunakan alat hidrolik khusus. Penggunaan alat berat ini cocok diaplikasikan pada pembuatan terowongan tambang, kereta dan jalan raya.

Mempermudah pekerjaan ketika akan melubangi galian dengan bantuan peledak. Karena terdiri dari partisi besar maka jangkauan yang bisa didapat seluas hampir 104 meter persegi. Terdapat juga beberapa fitur terbaik sehingga sangat cocok diadopsi pada pembuatan terowongan di dalam negeri.

Memiliki banyak fitur anti lentur terutama baling-baling, sangat kuat bahkan proses pengeborannya lumayan tinggi. Dengan daya sangat ringan, tidak mempengaruhi kinerjanya. Dilengkapi oleh sasis bertenaga super hemat yang ramah terhadap lingkungan. Tidak memakan banyak emisi, serta sistem kemudinya sangat stabil.

Di dalam sistem pengeboran masih mengandalkan 3 tahapan yang sama dengan model single. Sangat efektif meningkatkan efisiensi ketika pengeboran dilakukan. Desain hidrolik dibantu oleh kemampuan gerakan dengan tambahan fitur lampu. Di bagian suku cadang, tersedia pelindung terhadap kerusakan terutama jika dirawat berkala.

Three Boom Hydraulic Pilot Drill Jambo

Drill jumbo adalah model ketiga ini sesuai diaplikasikan untuk segala macam galian terutama pertambangan dan tunneling. Hampir semua proyek skala besar mengandalkan alat ini. Bahkan sanggup mengebor tanah sampai dalam, membuat lubang dengan bantuan bom ledakan tanpa merusak lingkungan sekitar.

Sementara bagian cangkupan operasi alat drill jumbo ini sanggup menghabiskan 180 meter persegi area. Jauh lebih luas dibanding kedua model lainnya. Hampir semua komponennya dibuat dengan kemampuan anti lentur sehingga lebih kuat dan tahan lama. Memiliki umur pakai jauh lebih lama dibanding alat berat biasa.

Kemampuan sasis yang diterapkan adalah dengan memberi energi hemat pemakaian yang ramah terhadap lingkungan. Pekerja sanggup mengurangi emisi sehingga tidak mencemari udara di dalam terowongan bawah tanah. Mata bor efektif membuat galian lebih parallel ke semua arah agar lubang terlihat presisi.

Dar ketiga alat alat pengeboran, masing masing memiliki kelebihan dan fitur tambahan yang ideal untuk proses penggalian proyek di pertambangan. Selain itu juga bisa dipakai sebagai bantuan membuat bangunan terowongan bahkan jalan raya. Jadi secara umum Drill jumbo adalah mesin pengeboran batu dibantu beberapa alat peledak. XCMG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *