Artikel Alat BeratMacam-macam Alat Berat Pembuat Terowongan yang Sering Digunakan

March 19, 2021by XCMG Indodrill0

Alat berat pembuat terowongan tentu akan membuat pekerjaan dalam sebuah proyek akan semakin mudah dan cepat bukan? Setiap tahunnya, berbagai macam konstruksi bangunan memang dibangun untuk meningkatkan perekonomian masyarakat ataupun memberikan fasilitas dan layanan terbaik kepada para penduduk.

Tidak bisa dipungkiri apabila setiap tahun, pemerintah Indonesia memang akan melakukan berbagai macam cara untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi seperti kemiskinan, kepadatan penduduk hingga kemacetan yang terjadi di berbagai kawasan terutama di perkotaan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat proyek terowongan.

Proyek tersebut dilakukan oleh pemerintah dengan tujuan untuk mengurangi kemacetan, meminimalisir adanya banjir hingga digunakan sebagai jalan lintas bagi kendaraan. Keberadaan terowongan itu sendiri sudah bisa ditemukan dengan mudah di hampir area di Indonesia terutama di kawasan-kawasan penting.

Agar proyek tersebut dapat berjalan dengan baik, maka pasti membutuhkan alat berat yang digunakan untuk membangunkan. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena ternyata pekerjaan tersebut tidak bisa dilakukan tanpa menggunakan alat khusus. Terlebih lagi apabila proyek tersebut merupakan proyek besar. Jelas membutuhkan alat yang dapat memberikan kemudahan dalam pekerjaan.

Daftar Alat Berat Pembuatan Terowongan yang Banyak Digunakan

Ada beberapa peralatan dapat digunakan untuk membuat sebuah proyek terowongan. Alatnya biasanya mempunyai fitur untuk memberikan kemudahan dalam proses penggalian secara horizontal. Adapun alat berat pembuat terowongan tersebut di antaranya adalah drill jumbo. Drill jumbo merupakan sebuah mesin yang dilengkapi dengan bor hidrolik, baling-baling dan lainnya. Adapun beberapa pilihan alatnya seperti dari XCMG drill jumbo TZ3 Three-boom Hydraulic rock drill jumbo.

Ini merupakan sebuah mesin dapat digunakan untuk membuat terowongan jalan raya maupun tunnel di kawasan tambang maupun proyek bawah tanah lainnya. Di samping itu, prosesnya dapat dilakukan dengan mengebor lubang ledakan, lubang batang jangkar maupun lubang perusak. Untuk kemampuan operasinya maksimal 104m2.

Di dalamnya sendiri biasanya juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur teknis di antaranya adalah

  • Bor hidrolik

Fitur utama di dalam mesin ini adalah adanya bor hidrolik yang memiliki proses structural khusus dan mempunyai kecepatan pengeboran cukup tinggi. Konsumsi alatnya juga rendah sehingga secara efektif dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja dari para karyawan ketika melakukan proses pengeboran sebuah tuner.

  • Baling-baling

Di samping itu juga terdapat baling-baling di mana mempunyai kekuatan cukup tinggi, anti-lentur, anti-distorsi dan tidak mudah untuk lelah. Baling-baling yang dimiliki juga mempunyai umur yang lebih lama sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

  • Chassis

Fitur chassis yang terdapat di dalam mesin inipun menggunakan mesin hemat energy, ramah terhadap lingkungan hingga rendah emisi. Adapun cara kerjanya menggunakan all-road all-drive cukup bertenaga dengan sistem kemudi roda belakang yang mampu menghadirkan stabilitas kendaraan lebih tinggi.

  • Sistem pengeboran yang dilakukan

Fitur lainnya yang terdapat di dalamnya adalah adanya drilling system atau sistem pengeboran. Di mana sistemnya terdapat 3 tahap yakni anti-kejang, anti pengeboran kosong. Cara ini sendiri ternyata dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi pengeboran dan mengurangi adanya konsumsi alat bor secara berlebihan.

Alat Lainnya untuk Melakukan Pengeboran

Selain penggunaan mesin di atas, ternyata masih ada lagi alat berat pembuat terowongan yang biasanya digunakan. Alat tersebut adalah tunnel roadheader. Ini merupakan sebuah alat di mana dilengkapi dengan adanya struktur pemotongan, struktur brace, perakitan mesin perjalanan, sistem hidrolik, system semprotan anti-debu dan masih banyak lagi.

Di samping itu, alat inipun juga dilengkapi dengan adanya pelat sekop untuk pengangkutan pertama. Desainnya menghadirkan bodi sempit dari seluruh mesin agar dapat digunakan untuk konstruksi jalan sempit. Alat ini juga dilengkapi dengan adanya mata bor yang terdapat pada kepala mesin dan juga adanya tempat penumpang yang digunakan oleh seseorang yang mengoperasikannya.

Sedangkan untuk cara kerjanya adalah komponen yang berada didepan akan berputar. Kemudian akan memulai untuk menggerus bebatuan lunak hingga keras agar dapat menghasilkan sebuah terowongan yang diinginkan. Sedangkan diameter dari alat ini mulai dari 1 m hingga 17 meter.

Saat ini, keberadaan mesin tunnel roadheader ini sendiri sudah bisa Anda temukan dengan mudah. tentunya desain yang dihadirkan juga berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki.

 Proses pembuatan terowongan bisanya hanya dapat dilakukan dengan menggunakan alat berat saja agar dapat berjalan dengan maksimal dan baik. Untuk Anda yang ingin menemukan alat berat pembuat terowongan, pastikan memilih dari produsen berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *