Artikel Alat BeratManfaat Micro Tunnelling dalam Pembangunan

July 14, 2021by XCMG Indodrill0

Manfaat micro tunnelling dinilai paling akurat dalam pemasangan pipa, dan sudah banyak negara-negara menggunakan metode tersebut dalam pembangunannya. Termasuk di negara Indonesia sendiri, metode ini juga diaplikasikan pada beberapa pembangunan skala besar.

Pemasangan pipa dengan metode pipe jacking dan micro tunnelling sering dikaitkan, karena pemasangan pipa beton menggunakan pipe jacking method yang dapat menggunakan MTBM dalam pengerjaannya.

Menggunakan mesin bor yaitu Micro Tunnelling Boring Machines, MTBM dapat digunakan untuk pembangunan terowongan kecil di bawah tanah. Metode ini cukup sering dikombinasikan dengan pipe jacking method, yaitu pemasangan pipa pra cetak di bawah tanah.

Metode ini juga memiliki beberapa kelebihan, jika dibandingkan dengan metode lain. Dengan penerapan metode ini, lingkungan serta masyarakat di dalamnya diharapkan dapat lebih terjaga dan tidak merusak alam yang sebelumnya sudah terjaga dengan baik.

Manfaat Micro Tunnelling

Sebelumnya penggunaan kata “micro” pada metode ini, dinilai memiliki arti “kecil”. Namun penggunaan kata ini sudah tidak sama dengan artinya, karena pengaplikasiannya pada pipa-pipa berukuran besar atau makro.

Pemasangan pipa bisa dalam posisi horizontal maupun vertikal, namun kebanyakan pipa dipasang dalam posisi horizontal, sehingga akan mendorong dalam tekanan tertentu.

  1. Tidak Ada Galian Terbuka

Salah satu manfaat micro tunnelling adalah tidak memerlukan galian terbuka, karena pipa dapat terpasang tanpa perlu adanya penggalian yang mengganggu masyarakat setempat. Tentunya ini merupakan salah satu manfaat yang cukup menguntungkan.

Selain itu tidak membuat lajur lalu lintas terganggu, sehingga tidak menyebabkan kemacetan yang biasa terjadi saat ada penggalian. Kemudian bila dihitung secara perbandingan, jumlah tanah yang dibutuhkan dengan tanah yang dibuang terbilang kecil.

  1. Tidak Terpengaruh oleh Cuaca

Dalam pemasangan pipa menggunakan metode ini, dalam keadaan cuaca apapun tidak akan mengganggu dalam proses pemasangannya.

Selain itu pemasangan pipa ini tidak akan menimbulkan polusi udara yang disebabkan oleh debu dan kotoran, apalagi polusi suara yang diakibatkan oleh getaran.

Bila dilihat dari nilai positif yang didapat, memang metode ini dinilai lebih ramah lingkungan serta tidak mengganggu aktivitas masyarakat. Alam juga tidak akan terusik oleh pembangunan ini.

  1. Mencegah Penurunan Level Air

Penggalian tanah dalam setiap pembangunan, biasanya akan mengurangi level air. Hal ini terjadi karena tanah mengandung air, sehingga saat dilakukan penggalian maka air tersebut juga akan ikut keluar.

Bila hal tersebut terjadi, maka level air akan menurun alhasil menyebabkan terpengaruhnya vegetasi tumbuhan, atau komunitas tumbuhan yang hidup bersama-sama dalam satu tempat.

Cara Kerja Micro Tunnelling

Kehidupan modern bagi manusia sudah di depan mata, banyaknya perubahan mulai dari pembangunan besar-besaran, hingga infrastruktur yang setiap tahunnya mengalami perkembangan.

Manfaat micro tunnelling dinilai lebih membawa kemajuan baik bagi masyarakat, maupun lingkungan sekitar.

Kerusakan alam akibat keegoisan manusia, sering terjadi di kehidupan kita. Apalagi munculnya pihak-pihak yang ingin memanfaatkan lahan, demi kepentingan pribadi tanpa memperhatikan terjaganya lingkungan sekitar.

Pengerjaan pemasangan pipa dengan pipe jacking method menggunakan mesin bor MTBM, dapat memudahkan pemasangan pipa dalam sekali driving.

Selain itu, karena pengerjaan ini dapat dilakukan tanpa adanya galian terbuka atau open trench. Maka dapat menghindari adanya gangguan ekstrem pada lingkungan seperti tanah longsor, terjadinya kecelakaan lalu lintas dan lain sebagainya.

Pemasangan pipa dengan metode ini dapat memakai pipa dengan ukuran mulai dari 20 cm hingga 3 m, sehingga definisi kata “mikro” pada metode ini sudah tidak berpengaruh pada ukuran pipa mikro lagi.

Dengan menggunakan pipe jacking method, maka mesin kemudi dapat dikontrol dalam jarak jauh dari permukaan.

Penerapan manfaat micro tunnelling tidak hanya untuk daerah tanah atau daerah padat penduduk, namun pada lokasi pertambangan juga memungkinkan untuk menggunakan metode ini.

Penggunaan metode ini sering digunakan dalam pembangunan di beberapa daerah Indonesia, karena dinilai lebih ramah lingkungan serta menghemat biaya. Selain itu tidak merusak lingkungan seperti mengupas tanah di atasnya, tidak seperti metode lainnya.

Begitu banyak metode dalam pemasangan pipa, dalam pembangunan yang sudah dibuat dari tahun ke tahun. Perkembangan teknologi tidak hanya pada alat komunikasi, namun dalam mesin pembangunan salah satu contohnya adalah manfaat micro tunnelling. XCMG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *