Artikel Alat BeratMelakukan Perawatan Alat Berat Serta Proses Pemeliharaan yang Baik

March 25, 2021by XCMG Indodrill0

Cara melakukan perawatan alat berat yang baik dan benar sangat penting agar dapat menjaga kualitasnya. Proses dapat dilakukan oleh Anda yang mungkin baru pertama kali membelinya. Sesuai namanya, mesin pada umumnya memiliki ukuran relative besar, berfungsi untuk berbagai keperluan terutama industri perkebunan, pertambangan, atau pengeboran.

Dalam merawat alat berat, mayoritas perusahaan membutuhkan jasa atau teknisi tertentu. Jika terjadi kerusakan, spare part lama harus segera diganti supaya tidak berpengaruh pada kualitas ketika digunakan ulang. Ketika mesin jarang digunakan, maka proses perawatannya harus dilakukan secara rutin.

Jika alat berat yang jarang digunakan saja masih membutuhkan perawatan ringan, bagaimana kalau sering dipakai. Tentu hal ini perlu Anda pertimbangkan dengan sebaik-baiknya. Terutama semala proses perawatan tidak boleh dilakukan secara sembarangan agar menghindari kerusakan sehingga nantinya akan langsung berpengaruh juga pada kualitasnya.

Syarat Melakukan Perawatan pada Alat Berat

Perawatan alat berat harus rutin dilakukan setiap hari, minggu atau bulanan. Biasanya seorang mekanik telah paham tentang seluk beluk alat, macam kerusakan serta langkah untuk dilakukan perbaikan jika terjadi kerusakan. Beberapa syarat penting sebelum merawat mesin secara baik dan benar  adalah sebagai berikut;

  • Tahapan pengecekan

Sebelum proses perawatan dilakukan, para teknisi biasanya akan melakukan pengecekan bertahap terhadap alat-alat berat tersebut. Misalnya melihat apakah bahan bakarnya masih ada atau tidak. Jika habis maka perlu diisi ulang sehingga memudahkan ketika mesin dijalankan untuk melihat kondisi selanjutnya.

  • Pemeriksaan harian

Perawatan ini wajib atau rutin dilakukan setiap hari meski jarang digunakan. Tujuannya supaya mesin tetap dalam kondisi prima, menghindari dari korosi atau karat sehingga mencegah timbulnya kerusakan berikutnya. Petugas cek biasanya akan meninjau kondisi alat setiap pagi atau sehari sebelum digunakan.

  • Perawatan berkala

Perawatan alat berat wajib dilakukan secara berkala, continue bahkan terjadwal. Umumnya berdasarkan jam kerja dari mesin tersebut sesuai rekomendasi teknisi misalnya menambahkan pelumas, mengganti suku cadang serta memeriksa unit dalam mesin. Bisa membantu merawat supaya bisa kembali pada kondisi standar pabrikan.

  • Lakukan maintenance

Alat berat juga dilengkapi dengan mesin berteknologi canggih sehingga dibutuhkan perlakuan khusus untuk mengembalikan unit ke kondisi standar. Petugas bisa melakukan service berkala misalnya mengecek ukuran PPM atau PPU. Tujuan lainnya tentu untuk memelihara sekaligus merawatnya, menghindari dari kerusakan parah, dan mengurangi waktu down.

Panduan Merawat Peralatan Berat

Dalam prosesnya, alat berat umumnya dipakai untuk membantu proyek besar misalnya menggarap lahan pertanian, konstruksi bangunan, pertambangan hingga membangun infrastruktur diperkotaan besar. Beberapa macam perangkat yang biasanya digunakan seperti excavator, traktor,wheel loader, mesin bor, crane bahkan mobil truk khusus pertambangan.

Sama seperti perangkat lainnya, perawatan alat berat dapat mengembalikan kinerja setelah digunakan dan pemeliharaannya akan mencegah kerusakan. Beberapa diantaranya mungkin  membutuhkan pergantian suku cadang. Perbaikan bertujuan dalam upaya memaksimalkan performa, melindungi elemen penting dan pastinya meningkatkan efisiensi sehingga mencegah kita tidak perlu membeli perangkat baru.

  • Mengontrol

Beberapa perawatan meliputi pengontrolan atau pengecekan terhadap mesin dimulai dari suku cadang, komponen, dan bahan bakar. Cara ini akan membantu kita saat alat digunakan sehingga terhindar dari kemacetan tiba-tiba. Prosedur berperan juga dalam proses keselamatan pekerja. Amati apakan ada getaran atau suara yang tidak biasa.  

  • Membersihkan dari debu

Perawatan periodik bertujuan agar alat berat tersebut tetap bersih dari debu, tanah atau kotoran lain yang tentunya akan berdampak pada kualitas ketika digunakan. Membersihkan komponen utama pada umur mesin sehingga lebih awet atau tahan lama. Anda bisa memberikan pelumas atau menambahkan bahan bakar.

  • Overhaul

Bagian lain dalam proses perawatan alat-alat berat ialah harus selalu mengecek kondisi sparepart sekaligus komponen lainnya seperti instalasi listrik, gerigi mesin atau suku cadangnya. Untuk melakukan maintenance harus sesuai dengan standar operasi pabrikan sekaligus diperlukan rencana untuk CBM (condition Base Maintenance).

Setelah beberapa langkah merawat mesin besar ini dilakukan maka semua akan membantu para pekerja mengoperasikan secara lancar. Sangat penting memahami standar perbaikan baik itu melakukan maintenance hingga mengganti part sesuai dengan petunjuk pabrikan.  Perawatan alat berat dapat membantu mengurangi biaya pergantian mesin baru. XCMG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *