Artikel Alat BeratMengenal Alat Berat Bore Pile untuk Pondasi Bangunan Vertikal

February 4, 2021by XCMG Indodrill0

Bagi Anda yang tidak familiar dengan dunia konstruksi, alat berat bore pile mungkin terdengar asing bahkan belum pernah mendengarnya sama sekali. Ini merupakan salah satu jenis alat berat atau mesin dalam pembuatan pondasi pada proyek konstruksi bangunan. Mesin satu ini memiliki kegunaan utama pada pembuatan pondasi bertipe bored pile.

Metode pondasi bored pile sendiri banyak dipilih sebagai alternatif untuk lokasi yang kondisi lahannya dirasa kurang mampu menahan beban bangunan. Alat berat tersebut dipakai untuk membuat lubang pada tanah dengan kedalaman serta diameter tertentu. Setelah itu, lubang tersebut dipakai untuk menancapkan tulangan baja serta campuran beton.

Jenis pondasi tersebut banyak dimanfaatkan pada bangunan vertikal karena memiliki daya dukung beban lebih kuat. Sehingga aman bagi pengguna ke depannya. Dalam dunia konstruksi, mesin bore pile sudah sangat dikenal dan memiliki beberapa jenis. Pada artikel kali ini kami akan menyajikan informasi tentang mesin tersebut beserta kegunaannya.

Alat Berat Bore Pile Mini Crane

Mesin ini terdiri dari sasis atau kerangka utama dan sebuah crane alias menara. Komponen-komponen tersebut dirancang sedemikian rupa supaya dapat berdiri dengan kokoh tanpa goncangan. Sehingga proses pengeboran atau pembuatan lubang pada tanah bisa berjalan secara optimal tanpa terjadi kesalahan yang mengganggu.

Mesin ini dapat digunakan untuk membuat lubang dengan diameter berukuran 30 cm hingga 80 cm. Sementara kedalamannya dapat diatur sesuai kebutuhan. Dengan ukuran diameter tersebut, pekerjaan konstruksi pondasi memakai tulangan besi yang telah dirakit menjadi bentuk menyerupai tabung. Jadi, pekerja konstruksi tidak perlu melakukan penggalian secara manual.

Penggalian secara manual tanpa menggunakan alat berat bore pile tentunya akan sangat memakan waktu dan juga biaya. Sebagai pengelola proyek atau bahkan pemilik bangunan tersebut, Anda tentu tidak ingin hal tersebut terjadi. Namun dengan adanya mesin ini, pekerjaan pondasi bored pile semakin mudah, cepat, dan efisien.

Mesin Bore Pile Tipe Gawangan

Mesin bore pile tipe gawangan sebenarnya memiliki cara kerja tidak jauh berbeda dengan jenis mini crane. Yakni membuat lubang bor pada tanah dimana pondasi bangunan akan ditempatkan. Dari segi penampakannya, mesin ini terdiri dari sasis atau rangka serta tiang pipa baja. Tiang pipa baja tersebut didesain menyerupai gawang.

Maka tidak heran jika alat berat bore pile jenis ini dinamakan gawang atau gawangan. Letak perbedaan antara tipe mini crane dan gawangan bisa dilihat dari bentuknya. Di samping itu, cara pengoperasian keduanya sedikit berbeda. Pengoperasian mesin dengan mini crane dilakukan oleh operator secara lebih praktis.

Sementara pada alat berat jenis gawangan ini bisa dibilang masih semi manual. Jadi, dari segi efektivitas memang lebih mumpuni tipe sebelumnya. Akan tetapi, alat gawangan juga memberikan keuntungan. Karena pada dasarnya kegunaannya masih sama hanya saja pengoperasiannya masih semi manual.

Keuntungan Menggunakan Alat Berat Bore Pile

Terdapat beberapa keuntungan yang didapat dari menggunakan alat bore pile ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mobilisasi mudah

Mesin ini memiliki tingkat mobilitas cukup mumpuni. Sehingga Anda dapat memindahkannya dari satu lokasi proyek ke proyek lainnya dengan cukup mudah. Jadi tidak perlu khawatir jika Anda ingin membangun rumah atau jenis konstruksi lainnya di lokasi manapun karena adanya dukungan kemudahan pemindahan mesin ini.

2. Kemampuan pengeboran mumpuni

Keuntungan lainnya menggunakan mesin satu ini adalah memiliki kemampuan dalam melakukan pengeboran dengan diameter bervariasi. Ukuran diameter yang dimungkinkan yaitu antara 30 cm bahkan hingga 100 cm. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan sesuai jenis tiap-tiap bangunan.

3. Pondasi pada tanah keras

Penggunaan alat berat bore pile juga memungkinkan Anda mendirikan bangunan meskipun lahan berdirinya memiliki karakteristik keras. Jika dilakukan secara manual tentunya akan sangat merepotkan. Umumnya pekerjaan drilling alias pengeboran dilakukan secara wash drilling. Artinya membutuhkan air saat proses tersebut. Jadi, pastikan terdapat sumber air di dekat lokasi.

4. Aman untuk bangunan sekitar

Membangun rumah di tengah pemukiman padat atau diantara banyak gedung tentunya perlu memperhatikan keamanan sekitarnya. Dengan mesin ini, pembuatan pondasi lebih aman dan tidak berdampak pada bangunan sekitarnya. Jadi, lokasi padat bangunan bukan menjadi kendala berarti.

Membuat sebuah bangunan apalagi bertipe vertikal haruslah mempertimbangkan banyak hal. Salah satu yang paling penting yaitu pembuatan pondasinya. Dengan metode bored pile, bangunan bisa lebih kuat tanpa mengganggu konstruksi di sekitarnya. Alat berat bore pile ini memiliki andil besar dalam pekerjaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *