Mengenal Macam Alat Berat Tambang Berteknologi Beserta Cara Kerja

April 13, 2021by XCMG Indodrill0

Alat berat tambang sangat diperlukan dalam berbagai kegiatan industri khususnya area pertambangan seperti batubara, emas, perat atau mineral lainnya. Perangkat ini tidak hanya terdiri dari satu tetapi ada beberapa misalnya rotary drill, roadheader atau bor.

Kebanyakan alat berat memiliki bobot serta ukuran yang relatif besar. Memiliki banyak fungsi selain untuk pertambangan juga sebagai konstruksi pada proses pembangunan jalan, terowongan, Gedung pencakar langit, bandara serta masih banyak lainnya. Mesin juga terdiri dari komponen utama di antaranya kerangka, implement, transmisi dan motor.

Sudah sejak jaman dahulu pemanfaatan alat-alat berat khususnya yang berfungsi untuk proyek pertambangan. Bucket Wheel excavator misalnya, merupakan alat tambang terbuka, membantu petugas mengangkat, menggali atau menghilangkan penghalang dengan mudah. Lebih lengkapnya, berikut beberapa macam peralatan tambang berteknologi beserta cara kerjanya.

Rotary Drilling atau Bor Putar

Alat berat tambang rotary drilling mengandalkan mata bor yang dapat diputar agar mudah bagi petugas menggali tanah. Prinsip kerjanya adalah dengan memutar mesin menggunakan bantuan cooler. Sumber tenaga dihasilkan dari kabel, pipa beserta rangka drill string, menyebabkan bit ikutan berputar.

Selama proses penggalian alat rotary drilling membantu lumpur atau elemen cair dalam tanah keluar sekaligus mempermudah penggalian. Pipa selanjutnya dimasukkan ke dalam lubang sesuai panjang yang diinginkan, disambung atau diganti baru. Penggunaan alat juga efektif untuk proyek dengan metode bore pile.

Metode ini cocok digunakan sebagai pembuatan pondasi, mengebor tanah secara langsung kemudian mengeluarkan. Selanjutnya, lubang hasil dari penggalian akan diganti dengan cor beton dan rangka besi. Proses yang berlangsung terbilang aman karena tidak mengakibatkan getaran atau bunyi keras sehingga merusak bangunan lain.

Rotary drill bagi pembangunan di pertambangan bisa bermanfaat untuk membangun Gedung sekitar area. Meski tidak berhubungan langsung untuk penggalian terowongan bawah tanah tetapi cukup efektif dalam membuat struktur bangunan diatasnya. Misalnya sebagai lokasi kantor proyek atau laboratorium pertambangan.

Alat Bucket Wheel Excavator

Alat berat tambang berikutnya adalah bucket wheel excavator atau sering ditemukan pada proyek pertambangan terbuka seperti batubara. Mesin memiliki fungsi utama yakni mengeruk atau menggali lubang secara manual dengan skala besar. Sistem pengerjaannya dilakukan terus-menerus.

Perbedaan dari excavator biasa adalah terdapatnya bucket lebih dari satu yang masing-masing terletak di samping roda. Seluruh hasil galian atau material baik batu atau tanah akan dipindahkan ke bagian conveyor raksasa sehingga lebih mudah selama proses pertambangan berlangsung.

Fungi utama mesin excavator tambang ialah menggali secara terus menerus. Cocok digunakan untuk proyek konstruksi berskala besar terutama di area pertambangan. Sebagian besar pembangunan mengandalkan alat ini untuk meningkatkan efisiensi kerja. Menghemat tenaga dan hemat biaya pengeluaran.

Untuk memuat sekaligus memindahkan bebatuan hasil penggalian, kita juga bisa mengandalkan unit motor grader yang juga baik dalam membantu mengetahui struktur tanah. Beberapa pekerjaan menggunakan bantuan mesin ini seperti spreading, finishing, crowing sekaligus mudah melakukan scarifing.

Roadheader Mining Machine dan Dust Removal

Alat berat tambang yang sering digunakan selanjutnya ialah Roadheder.  Memiliki fungsi untuk mengebor bagian dalam tanah, bebatuan atau partikel lain dalam kerak bumi. Pada umumnya terdiri dari sebuat tuas tunggal, membantu mengontrol proses pengeboran agar mudah.

Alat tidak memiliki penutup sehingga petugas dapat memaksimalkan ventilasi udara. Tersedia alat pengukur jarak serta tinggi agar operator mudah untuk melakukan perawatan. Roadheader Dust Removal bisa menghalau terciptanya debu selama proses penggalian lubang atau tambang. Sudah dilengkapi pula oleh alat penghisap dan penyemprot air.

Berbeda jika menggunakan pengeboran tambang dengan sistem peledah. Meski proses serta waktu pengerjaan relating singkat dibanding saat menggunakan Roadheader minning machine. Mesin dibantu oleh beberapa lengan hidrolik, dikendalikan menggunakan komputer. Sebenarnya cocok saat dipakai untuk membuat terowongan tidak rata.

Seperti kita ketahui bahwa kebanyakan alat berat memiliki desain yang berukuran besar, berfungsi efektif untuk berbagai macam proyek konstruksi terutama pertambangan. Beberapa di antara bertugas memindahkan material batu, tanah, dan pasir secara cepat tanpa perlu menggunakan tenaga ekstra.

Penggunaan mesin-mesin berat di berbagai keperluan, bernilai ekonomis hingga mengurangi kerugian dalam segi ekonomi. Banyak proyek besar memang mengandalkan bantuan dari perangkat bermesin dan berteknologi. Termasuk beberapa Alat berat tambang seperti excavator, roadheader, serta grader. XCMG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *