Mengenal Peralatan Tambang Bawah Tanah yang Sering Digunakan

April 13, 2021by XCMG Indodrill0

Peralatan tambang bawah tanah banyak dipakai oleh petugas proyek batu bara, minyak atau emas di Indonesia. Sejauh ini ada beberapa alat yang bisa digunakan untuk mengeruk komponen dibawah permukaan bumi. Tidak sedikit perusahaan menyiapakan cara dari paling mudah sampai berat agar proses berjalan lancar.

Karena banyaknya permintaan maka banyak perusahaan pengadaan alat berat terutama proyek tambang yang menjual atau hanya menyewakan saja. Open surface mining atau pertambangan terbuka dan underground (tertutup) biasanya dibantu dengan penggunaan alat-alat berat dengan berbagai ukuran.

Beberapa di antaranya adalah roadheader, mining drill, excavator, truk pengangkat material dan masih banyak alat pengebor lainnya. Penggunaan alat juga memiliki fungsinya masing-masing. Maka sebagai petugas proyeksi maka diperlukan keahlian khusus dalam membuat atau merencanakan penggalian.

Alat Roadheader Mining Dust Removal

Peralatan tambang bawah tanah menggunakan roedheader dust removal ini akan membantu teknisi menggali lubang sekaligus menghilangkan debu di roawayhead. Beberapa contoh penggunaan paling efektif untuk pertambangan batu bara maupun pembuatan terowongan. Seperti kita ketahui bahwa partikel yang dihasilkan oleh debu tentu tidak baik bagi Kesehatan.

Tanah sebagai penghasil utama debu akan mempengaruhi ruang kerja di kedalaman sehingga secara langsung berdampak pada Kesehatan. Atmosfir yang dihasilkan akan lebih bersi serta segar jika menggunakan alat ini. Pada bagian depan tambang, kebanyakan akan menjumpai pasir atau debu beterbangan dengan tingkat partikel cukup tinggi.

Jika menggunakan metode penyemprotan air tradisional maka debu atau partikel yang berhamburan tidak sepenuhnya hilang. Maka diperlukan sistem penyaringan udara super lengkap dengan peralatan canggih seperti pada roadheader. Menurut studi kasus, tambang batu bara proyek paling sering mengakibatkan masalah Kesehatan.

Belum lagi masuk ke dalam perut bumi di mana sistem ventilasi udara sangatlah terbatas. Peralatan tambang bawah tanah roadheder sangat efektif menyaring, mengumpulkan melewati saluran khusus ke permukaan pos. Di kondisi normal, tingkat konsentrasi debu akan berkurang sehingga aman saat petugas melakukan pekerjaan.

Kelebihan penggunaan alat ini bagi proses pertambangan bumi diantaranya tentu mengurangi jumlah debu sebanyak 3mg menghemat pemakaian air atau blowdown. Memiliki alat khusus sebagai penggerak leskopik kerangka yakni menghisap partikel secara serentak. Dibekali juga oleh kain lap.

Alat Berat Mining Drill Jambo

Perangkat pengeboran tambang dibawah tanah lainnya adalah minning drill. Mesin pengeboran Jambo ini memiliki beberapa gerbong untuk membuat lubang sekaligus membersihkan terowongan. Alat dibuat dengan mengandalkan sasis sehingga mendukung kemampuan kabin, memiliki ukuran relative besar.

Namun beberapa Peralatan tambang bawah tanah mining drill jambo juga ada yang lebih kecil sehingga cocok dipakai untuk lahan sempit. Khusus untuk alat modern, umumnya dibekali oleh ban berbahan karet serta bertenaga diesel. Terdapat juga velg berbahan baja sehingga mudah bagi pekerja menggantinya.

Di bagian tunggangan sudah terpasang alat untuk meluncur ke dalam gerbong. Dibantu juga oleh tenaga listrik yang digerakkan ke udara. Selanjutnya dihasilkan gas buangan, disalurkan secara aman agar petugas di dalamnya tidak mengalami kendala akibat ventilasinya minim.

Selain di wilayah pertambangan, mining drill juga bisa dipakai untuk membuat terowongan baik jalan raya atau rel kereta. Memudahkan manusia mengebor lubang dibantu alat perusak serta bahan peledak super aman. Cakupan area alat ini maksimum adalah 180 meter persegi. Tersedia beberapa fitur teknis.

Beberapa fitur tersebut meliputi bor hidrolik jambo sesuai untuk pembuatan galian tanah dengan tingkat pengeboran tinggi. Terdapat baling-baling berkekuatan yang anti distorsi bahkan dapat awet seumur hidup. Sasis beserta bor bom memungkinkan petugas melakukan pengeboran efektif.

Alat Berat Excavator Pertambangan

Peralatan lain yang memiliki banyak manfaat untuk proses melakukan pertambangan ialah excavator. Alat ini sangat multifungsi tidak hanya sebagai konstruksi bangunan tetapi segala macam bidang kehutanan juga bisa menggunakan. Dilengkapi oleh mesin bertenaga khusus, membantu proses penggalian secara vertikal.

Untuk pertambangan berskala besar, kita juga bisa mengandalkan bucket wheel excavator yang mana fungsinya tidak beda dari jenis biasa. Membantu menggali tanah terus-menerus sesuai waktu yang dikehendaki. Terdapat part conveyor supaya hasil galian bisa langsung dipindahkan disana.

Beberapa alat untuk pertambangan memang ada banyak macamnya. Paling penting ialah proses perawatan harus dilakukan secara berkala agar tidak mudah rusak dan tahan lama. Berbagai usaha penambangan memerlukan Peralatan tambang bawah tanah untuk mempermudah segalanya. XCMG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *