Artikel Alat BeratMengenal Tentang Pondasi Strauss Pile Serta Kelebihan di Dalamnya

March 16, 2021by XCMG Indodrill0

Sudah pernah mendengar pondasi strauss pile? Buat Anda yang bergelut di dalam dunia konstruksi, istilah tersebut mungkin sudah tidak asing lagi bukan? Ini merupakan salah satu metode konstruksi yang dapat dilakukan tanpa menggunakan adanya bantuan mesin. Metode tersebut banyak dipilih karena menawarkan kualitas beton agar tetap terjaga dengan baik?

Adapun untuk proses pengerjaannya biasanya dimulai dengan mempersiapkan alat-alat seperti pipa, mata bor, stang hingga peralatan pendukung lainnya. Di dalam tahap ini tidak membutuhkan waktu lama bahkan hanya berlangsung dalam waktu beberapa menit saja. Jika proses persiapan peralatan telah dilakukan, maka proses pengeboran sudah bisa dilakukan.

Adapun ukuran pengeboran tersebut dapat disesuaikan dengan aturan metode pondasi strauss pile tersebut yakni sekitar 25 hingga 30 cm. Tanah kemudian akan dibor dengan menggunakan mata bor yang diputar kemudian akan ditekan hingga beban tekanan mencapai pada maksimum. Setelah itu, tanah yang menempel pada mata bor biasanya akan langsung diangkat dan dibuang.

Penggunaan metode untuk pembuatan pondasi ini sendiri memang sudah tidak asing lagi karena mempunyai sejumlah kelebihan di dalamnya. Terutama dapat menjaga agar kualitas beton tetap terjaga. Bagi Anda yang masih asing dengan metode satu ini, maka bisa langsung menyimak ulasan dibawah berikut.

Mengenal Apa Itu Pondasi Strauss Pile?

Strauss pile sendiri merupakan salah satu jenis pondasi struktur untuk konstruksi bangunan di mana dapat dikerjakan tanpa menggunakan peralatan mesin karena dibangun dengan cara menggali tanah secara manual memanfaatkan alat bor auger. Proses tersebut menggunakan tenaga dari manusia. Kendati demikian, penggunaannya cukup sederhana dan tidak akan menimbulkan kebisingan.

Di samping itu, metode ini sendiri dapat dikerjakan tanpa menggunakan bantuan peralatan mesin yang kompleks. Inilah yang membuatnya lebih simple dan ringkas. Pondasi jenis tersebut biasanya digunakan buat konstruksi rumah ataupun bangunan dengan lantai 2-3. Lubang bor yang digunakan untuk mendirikan pondasi biasanya harus bersih dari lumpur sehingga akan membuat kualitas dari betonnya lebih kokoh dan kuat.

Jika dilihat lebih jauh, sebenarnya penggunaan pondasi strauss pile mempunyai fungsi mirip dengan pondasi bore pile. Tetapi perbedaannya terletak dalam penerapannya pada tanah dengan kondisi lunak. Di samping itu, untuk kedalaman lubangnya sekitar 6-10 meter dengan diameter sekitar 30 cm.

Prosesnya dapat dimulai dari mempersiapkan peralatan, melakukan proses pengeboran, pembesian, hingga pengecoran. Di samping itu, perhitungan pondasi jenis ini biasanya juga berbeda-beda di mana sangat tergantung dengan jenis proyeknya. Adapun beberapa hal yang harus diperhitungkan dalam membuat pondasi tersebut.

Adapun beberapa hal tersebut berkaitan dengan diameter dan kedalaman pada lubang cor serta seperti apakah kondisi tanahnya. Apakah lunak ataukah kering. Kondisi tanah kering jelas tidak akan membutuhkan tenaga berlebihan bahkan dapat dilakukan hanya 4 orang per alat manual.

Sedangkan berbicara mengenai harga dari strauss pile inipun akan dihitung berdasarkan 3 hal seperti kedalaman pengeboran di dalam satuan meter, diameter dari proses pengeboran hingga jumlah titik yang akan dikerjakan. Kendati demikian acuan utama untuk harga pembuatannya biasanya berdasarkan dengan kedalaman pengeboran.

Kelebihan Pondasi Jenis Strauss Pile

Proses pembuatan pondasi satu inipun ternyata juga mempunyai beberapa kelebihan di dalamnya. Itulah yang membuat banyak orang akhirnya tertarik buat menggunakan metode satu ini. Berikut ini beberapa kelebihan dimana dimiliki oleh strauss pile tersebut.

  • Harga yang lebih terjangkau

Berbicara mengenai harga, strauss pile ini sendiri dikenal memiliki harga lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan penggunaan pondasi lainnya. Itulah yang menyebabkan mengapa masyarakat lebih memilih metode tersebut sebagai konstruksi untuk bangunan. Walaupun murah, soal kualitas juga tidak perlu diragukan.

  • Proses pengerjaan singkat

Di samping itu, proses pengerjaan dari pembuatannya juga cukup singkat dan tidak memakan waktu lama. Pasalnya, prosesnya dapat diselesaikan hanya dalam waktu seminggu saja. Ini jelas lebih singkat jika dibandingkan dengan metode lainnya. Di samping itu, alatnya juga telah disesuaikan dengan volume pekerjaan yang sudah dibebankan. 

  • Retakan tanah cukup minim

Tidak bisa dipungkiri apabila terkadang proses pemasangan pondasi akan menyebabkan adanya retakan tanah bukan? Tapi apabila Anda menggunakan cara diatas dijamin retakan tanah akan lebih minim. Sebab prosesnya akan bertumpu pada lapisan bawah tanah bagian dalam.

Pembuatan pondasi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara termasuk yang ramah terhadap lingkungan, harga murah tetapi memiliki kualitas terbaiknya. Apabila Anda menginginkan konstruksi bangunan berkualitas, maka pondasi strauss pile adalah pilihannya. XCMG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *