Mesin HDD Adalah Alat Pengeboran Horizontal Bermekanisme Directional Drilling

mesin hdd adalah

Mesin HDD adalah metode pengeboran dan pemasangan pipa bawah tanah atau kabel dengan teknik tersendiri. Lebih sering disebut Horizontal Directional Drilling yakni membuat sebuah saluran khusus menggunakan sistem bor tanpa parit. Sebelum dilakukan penggalian, teknisi akan melakukan pengukuran atau rencana terlebih dahulu.

Teknik pengeboran menggunakan bantuan alat HDD merupakan praktik terbaru dalam industri konstruksi bawah tanah. Yakni dengan melibatkan penggunaan teknologi canggih dan modern, attachmen sehingga prosesnya bisa dilakukan secara terarah. Sesuai dengan keinginan bahkan metode cukup cepat dilakukan.

Lebih menariknya, selama proses pengeboran bahkan dapat dilakukan pada arena yang terdapat hambatan seperti jalan raya, pemukiman padat penduduk, aliran sungai atau danau. Setelah tanah digali menggunakan mesin, jalur tersebut kemudian dilapisi dengan pipa. Panjang serta kedalamannya disesuaikan dengan keinginan.

Cara Kerja Alat Pengeboran HDD

Mesin HDD adalah alat berat yang digunakan untuk membantu proses pengeboran terarah secara horizontal atau melintang meliwati jalur hambatan di atas tanah. Sering juga dipakai dalam proses pemasangan saluran utilitas atau membuat jaringan pipa seperti PDAM, dan kabel PLN tanpa merusak bangunan diatasnya.

Proses ini dianggap paling aman karena untuk bisa berhasil petugas dapat mengarahkan mesin dari titik satu ke lainnya tanpa merusak konstruksi diatasnya. Mesin juga bisa mendeteksi adanya halangan sebelum atau selama metode berjalan. Jauh lebih baik daripada pengeboran secara tradisional.

Alat HDD bekerja secara efektif, sangat mudah bagi pekerja dalam menghemat waktu atau bisa dilakukan pada lokasi yang tidak dapat dilakukan oleh proses pengeboran tradisional. Lantas bagaimana cara kerja mesin Horizontal Directional Drilling? Bagaimana ia bekerja lebih baik dibanding metode lainnya?

  • Pilot bore

Mesin HDD adalah sebuah alat canggih, memiliki cara kerja dengan tiga tahapan utama. Di antaranya adalah pilot bore, reaming dan terakhir pemasangan pipa atau instalasi lainnya.  Secara garis besar di tahap pertama, teknisi akan membuat konstruksi lubang horizontal sepanjang rute yang diinginkan.

Tujuan dari pilot bore adalah agar mudah dalam membuat jalur instalasi. Mesin akan melakukan pengeboran ke titik lokasi tertentu dipandu oleh prosedur boring. Selama tahapan di dalam tanah akan muncul cairan baik itu air atau lumpur sehingga mempermudah proses alias pelumas sekaligus pending mata bor.

  • Reaming dan instalasi

Tahap berikutnya adalah memasangkan alat reaming, dimasukkan kemudian ditarik ulang sesuai ukuran lubang. Mesin akan memudahan instalasi dengan memasukkan pipa yang akan terhubung ke kepala pull. Sebagai persiapan teknisi akan dibantu untuk menarik pipe dari lubang penggalian. Kelebihannya ialah dapat dilakukan ditas hambatan atau bangunan.

Alasan Menggunakan Horizontal Directional Drilling

Mesin HDD adalah sebuah kemajuan baru dalam insdutri pengeboran yang dilakukan secara horizontal tanpa merusak lingkungan disekitarnya. Membuat terowongan sepanjang jalur dari titik satu kelainnya. Jadi intinya para teknisi bisa menggali lubang melewati konstruksi bangunan diatasnya tidak perlu membuat parit.

Dibanding teknik tradisional, mengebor dengan mesin HDD jauh lebih murah. Bahkan ketika akan memperbaiki saluran pipa yang rusak di wilayah perkotaan, alat akan membantu semuanya. Lebih sering dipakai untuk memudahkan proses instalasi dan alat dilengkapi dengan mesin penggerak berupa track, operator control serta mata bor.

Mesin HDD mampu memasukkan pipa yang berbahan besi, PVC, polipropilen atau baja. Sebelum proses operasi dimulai, alat akan membua garis berdiameter 3-48 inchi dengan dua langkah. Pertama memakai kepala bor untuk membuat lubang di sudut tertentu.

Langkah kedua adalah melibatkan penggantian kepala bor menggunakan alat reaming. Dibantu juga oleh sistem pengaliran fluida tekanan tinggi sesuai keinginan ukuran. Proses ini dapat dipantau atau diarahkan sesuai keinginan dengan kehati-hatian. Beberapa proyek besar yang sering ditangani adalah pengeboran minyak dan gas.

Secara garis besar, alat sangat membantu industri yang memiliki permasalahan ketika pengeboran. Juga meningkatkan efisiensi sekaligus menghemat biaya pengeluaran. Selain HDD, peralatan bantuan sering ditambahankan seperti whipstocks, tree-dimensional measuring, mud motors, BHA dan  drillbits. Melalui prosedur, tingkat kesuksesan proyek dapat mencapai 20kali.

Dalam industri pengeboran, mesin tidak hanya digunakan untuk meningkatkan waktu justru berbiaya murah. Selain bisa mengkonstruksi pipa minyak dan gas, juga sebagai proses mudah dalam menggali tanah tanpa perlu membuat parit. jadi Mesin HDD adalah perangkat canggih sangat memungkinkan membantu pemasangan jaringan rumit bawah tanah. XCMG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *