Metode dan Alat Berat dalam Pembuatan Deep Foundation

pembuatan deep foundation

Pembuatan deep foundation adalah proses pengerjaan atau penyusunan sebuah pondasi yang dibentuk pada kedalaman tertentu dari tanah. Dengan memperhitungkan berbagai hal terutama beban struktur bangunan di atasnya serta berbagai kondisi lahan konstruksinya. Ada beberapa jenis teknik yang dapat digunakan, seperti tiang pancang dan bored pile.

Masing – masing memiliki cara penanaman yang berbeda serta memiliki mesin berbeda dalam penerapannya. Namun keduanya memiliki fungsi sama. Yaitu berusaha memindahkan beban konstruksi bangunan di atasnya ke dalam lapisan tanah yang keras. Biasanya berkisar lebih dari 3 meter dari elevasi tanah, menembus berbagai lapisan tanah.

Ada dua metode yang cukup umum dikenal dalam pembuatannya, yaitu tiang pancang atau paku bumi maupun bored pile. Tiang pancang memanfaatkan beton bertulang untuk menembus permukaan, beton telah disiapkan terlebih dahulu. Berbeda dari itu, bored pile mengharuskan membuat lubang terlebih dahulu lalu melakukan pengecoran beton.

Perbandingan Kedua Metode Pembuatan Deep Foundation

Meskipun memiliki kesamaan dalam fungsi pondasinya, namun memiliki perbedaan signifikan terutama dalam proses serta kelebihannya. Beberapa keunggulan tiang pancang adalah mampu memampatkan endapan – endapan tidak berkohesi, yaitu dalam proses kombinasi antara getaran serta perpindahan dari tiangnya. Sehingga semakin menguatkan pondasi.

Keunggulan lainnya terletak pada kemampuannya mengubah tanah di bawahnya kaku, sehingga mampu mengendalikan amplitudo getaran serta frekuensi alami dari metode tersebut. Selain itu mampu meneruskan berbagai beban baik secara vertikal maupun lateral sebuah konstruksi, melalui desain serta rancangan pemasangannya. Sehingga meningkatkan keamanan struktur di atasnya.

Sedangkan keunggulan bored pile terletak pada prosesnya. Karena tidak membutuhkan material tiang sebelumnya, sehingga memungkinkan penggunaan metode ini pada daerah sempit. Selain itu efek getarannya tidak sebesar tiang pancang, sehingga lebih ramah terhadap lingkungan sekitarnya. Dasarannya dapat diperkuat dengan memperbesarnya sehingga menambah daya tahan bangunannya.

Berbagai Mesin dalam Proses Pembuatan Deep Foundation

Apabila Anda berencana membuat pondasi dalam, alangkah baiknya memahami berbagai alat berat yang digunakan. Dengan demikian memudahkan Anda ketika berkonsultasi serta menyewanya. Masing – masing peralatan memiliki keunggulan serta kekurangan tersendiri, tergantung tingkat kebutuhan serta jenis konstruksi yang akan dibangun. Berikut beberapa jenis alatnya.

  1. Continuous Flight Augur

Merupakan alat untuk membuat lubang secara vertikal ke bawah dengan cara melubangi berbagai lapisan tanah menggunakan mata bor berbentuk heliks atau spiral. Kemampuan menembusnya sangat dipengaruhi oleh ketajaman, kecepatan putaran, serta dorongan yang diberikan. Merupakan alat yang umum digunakan karena kemudahan serta rendahnya tingkat polusinya.

  • Rotary Drilling Rig

Sama seperti perlengkapan sebelumnya, mesin ini menggunakan teknik mengebor secara berputar. Memanfaatkan beban pada mata bor serta tekanan tambahan dari mesinnya mampu menembus berbagai tingkat lapisan tanah, mulai dari tanah lembut hingga bebatuan. Berbeda dengan CFA, Rotary Drilling Rig memungkinkan membuat lubang dengan diameter lebih besar.

  • Drop Hammer

Sama seperti namanya, mesin ini bekerja layaknya palu. Berfungsi memukul tiang pancang agar menancap ke dalam bumi sehingga mampu membentuk pondasi kuat dan kokoh. Agar mengurangi kerusakan pada tiangnya, diberikan shock absorber di bagian atasnya. Biasanya terbuat dari bahan kayu sehingga mengurangi potensi keretakan.

Pusat Penyewaan Alat Berat untuk Pembuatan Deep Foundation

XCMG Foundation Indonesia Service Center sangat direkomendasikan sebagai tempat apabila Anda tertarik menyewa atau membeli berbagai perlengkapan alat berat pondasi. Ia memiliki berbagai jenis perlengkapan serta peralatan, tidak hanya peralatan untuk mengebor, melainkan juga berbagai perlengkapan pendukungnya seperti mesin lumpur salah satunya.

Jangan khawatir terhadap pengiriman serta transportasinya, XCMG juga menyediakan layanan transportasi butler. Tidak hanya sekedar pengiriman profesional saja, melainkan juga disediakan fasilitas pelatihan untuk memasang awal dengan setiap bagian mesinnya. Sehingga Anda beserta tim konstruksi benar – benar siap dalam menggunakannya.

Tersedia juga layanan konsultasi keuangan, sehingga Anda dapat menentukan pembiayaan yang paling sesuai bagi bisnis Anda. Tunggu apa lagi, segera hubungi XCMG melalui website resminya pada tautan https://xcmgindodrill.com/. Berbagai produk, pelayanan, serta kontak informasi konsultasi telah tertera dengan jelas melalui webnya.

Sebagai penopang bangunan, pondasi haruslah kuat serta didesain dengan baik melalui berbagai metode pengerjaan yang paling sesuai. Ada dua jenis, yaitu bored pile dan tiang pancang, bergantung lingkungan serta kondisi tanahnya, keduanya efektif dalam menopang beban, karena keduanya termasuk pada teknik pembuatan deep foundation.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *