Metode Rotary Drilling untuk Membuat Pondasi Bored Pile

Metode Rotary Drilling untuk Membuat Pondasi Bored Pile

Ada berbagai cara dalam membuat pondasi dalam, salah satunya adalah menggunakan metode rotary drilling. Pondasi dalam sendiri merupakan teknik pembuatan menancapkan ke tanah hingga mencapai kedalaman tertentu. Hal ini dilakukan agar memastikan bangunan di atasnya mampu menahan segala beban serta kemungkinan terjadinya guncangan.

Ada dua teknik yang dapat dilakukan pertama disebut sebagai tiang pancang, atau lebih dikenal di masyarakat luas sebagai paku bumi. Karena proses pemasangannya adalah dengan cara menancapkannya lalu memukulnya menggunakan palu raksasa agar tertancap ke dalam tanah. Cara lainnya menggunakan jenis bored pile.

Pemilihan metode harus disesuaikan dengan berbagai kondisi, mulai dari kepadatan tanah, lingkungan konstruksi, serta berbagai perhitungan risiko lainnya. Contohnya penggunaan cara tiang pancang mungkin sedikit kurang sesuai dilakukan di lokasi agak padat penduduk, karena selain menimbulkan kebisingan, getarannya juga berisiko mengganggu ketahanan bangunan sekitarnya.

Mengenal Lebih Jauh Metode Rotary Drilling

Sama seperti dengan namanya, teknik ini mengandalkan putaran serta tekanan dalam membuat lubang di tanah. Mesin bor biasanya berbentuk heliks diputar dengan kecepatan tertentu serta tekanan tertentu, sehingga mampu menembus berbagai jenis tanah serta bebatuan yang menghalangi. Ada dua jenis dari metode ini, yaitu tricone dan drag bit.

Kedua sistem tersebut dibedakan dari hasil galiannya, jika berupa gerusan maka disebut sebagai tricone, sedangkan bila hasilnya berupa potongan disebut sebagai drag bit. Namun secara umum cara kerjanya tetap sama. Yaitu memanfaatkan mata bor berbentuk heliks dalam menembus permukaan tanah sesuai dengan tingkat kedalaman yang diinginkan.

Untuk mampu menembus berbagai lapisan tanah serta bebatuan, tidak hanya mengandalkan putaran saja, melainkan juga mengandalkan gaya tekan ke bawah. Bisa berasal dari mata bor itu sendiri maupun berasal dari sistem rangkaian hidrolik pada mesin. Bergantung pada kondisi lingkungan, keduanya bisa menjadi solusi terbaik.

Mesin Rotary Drilling Rig XR150DIII

Ada berbagai mesin untuk mengadopsi metode rotary drilling dalam membuat pondasi dalam. Salah satu yang kami rekomendasikan dari XCMG adalah mesin XR150DIII. Desain mesin ini disesuaikan serta diatur agar mampu membuat galian lubang dalam diameter besar dan mampu menembus lapisan keras pada tanah.

Mesin ini merupakan perlengkapan ideal dalam kebutuhan konstruksi galian Anda, terutama bila ingin membuat konstruksi pondasi seperti jembatan, pelabuhan, gedung – gedung tinggi, serta berbagai jenis bangunan lainnya. Desainnya yang solid, kemudahan dalam pengoperasiannya, serta kemampuannya yang powerfull sangat menunjang kebutuhan konstruksi Anda.

Mesin sendiri sudah dilengkapi dengan turbo, diadopsi dari teknologi guangxi electric. Sehingga mampu menyediakan atau menghasilkan putaran serta tekanan yang kuat dan ramah lingkungan. Sudah dipastikan sesuai dengan standar emisi Euro III, dengan demikian tidak lagi khawatir terhadap dampak serta tingkat polusi yang dihasilkan.

Metode rotary drilling untuk bagian putarannya, dikendalikan dengan memberikan tekanan atau mengatur silinder hidraulisnya. Memiliki kekuatan putar 133 kW dengan kecepatan putar sebesar 6-28r/min membuktikan kekuatan serta ketahanan dari mesin ini. Dengan sistem serta desain mesinnya, mampu menghasilkan galian sedalam 48,55 m. Sangat dinamis dalam membuat pondasi bored pile.

Informasi Pemesanan Official dan Terpercaya

Kami sangat menyarankan Anda apabila ingin mengetahui lebih lengkap atau melakukan penyewaan bahkan pembelian untuk menghubungi XCMG Foundation Indonesia Service Center. Dapat dihubungi melalui mengunjungi situs resminya pada tautan https://xcmgindodrill.com/. Anda akan disambut oleh interface user friendly sekali, tombol kontak juga tersedia di pojok bawah.

XCMG memiliki berbagai jenis mesin dalam pembuatan pondasi, dikelompokkan menjadi beberapa kategori. Mulai dari Piling Machinery, Mining Machinery, Tunnel Machinery, Trenchless Machinery Mud Machinery, dan Resource Exploration Machinery. Bila Anda masih awam dengan berbagai jenis tersebut, customer servicenya akan memberikan pengertiannya dengan ramah dan profesional.

Dengan demikian tidak perlu ragu mengkonsultasikan kebutuhan dalam memilih mesin yang paling sesuai dengan kebutuhan pondasi menggunakan cara rotary drilling. XR150DIII juga tersedia di XCMG apabila ada ketertarikan menggunakannya. Ada lebih dari 400 pusat layanan, sehingga memudahkan ketika ingin konsultasi maupun membutuhkan dukungan teknis.

Pondasi merupakan bagian vital dalam sebuah konstruksi, kekuatan serta ketahanannya ditentukan dari penyusunan serta perencanaannya. Ada berbagai metode yang dapat dipilih, biasanya disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi lingkungan. Metode rotary drilling menjadi salah satu alternatif dalam membuat pondasi dalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *