Metode Tiang Pancang untuk Pondasi Bangunan yang Lebih Kuat

February 10, 2021by XCMG Indodrill0

Metode tiang pancang sering digunakan sebagai salah satu langkah dalam pembangunan sebuah rumah atau gedung. Cara ini dinilai memberikan konstruksi yang kokoh karena, mampu menyeimbangkan struktur bangunan sehingga, beban tidak terfokus pada satu titik saja tetapi, masuk ke bagian paling dalam dari sebuah tanah.

Dalam pembangunan rumah atau gedung bertingkat, Cara ini selalu jadi pilihan utama karena pengerjaannya dilengkapi dengan material berbagai material berkualitas. Dengan begini sebuah kantor atau hunian yang dibangun pada bagian atasnya jauh lebih kuat. Dari segi usia dipercaya lebih panjang bisa sampai puluhan tahun.

Teknik tersebut juga berfungsi untuk memadatkan tanah. Kemungkinan, terjadi keretakan pada bangunan akibat dari pergerakan dalam bumi dapat dihindari. Hal ini dikarenakan, pada bagian tulang pondasi tertutup rapat oleh berbagai macam material. Oleh karena itu, senyawa atau zat kimia sulit untuk masuk.

Dengan begini, kerusakan akibat korosi dapat dihindari. Bagi Warga perkotaan menggunakan metode tiang pancang memang sangat menguntungkan. Karena, mengurangi galian tanah. Jadi cara kerjanya adalah alat Drilling Machine dimasukkan ke dalam tanah paling bawah. Dengan begini, kondisi tanah tidak akan bergeser walau 1 cm saja.

Berbagai Jenis Langkah Tiang Pancang

Ada berbagai macam jenis Tiang Pancang yang biasa digunakan saat proses pembangunan. Paling tradisional dan sederhana menggunakan bahan dari alam berupa kayu. Hal ini sering digunakan sejak zaman dulu. karena, memang sebelum ditemukannya besi hingga baja, masyarakat khususnya Indonesia lebih sering memanfaatkan batang pohon tersebut.

Anda dapat melihatnya di berbagai rumah panggung. Tetapi, saat menggunakannya tidak boleh sembarangan. Jenisnya harus mempunyai kualitas terbaik. Biasanya, Jati, Ulin, Damar Laut, sampai Bangkirai sering dijadikan pilihan tepat. Beberapa jenis tersebut memang terbukti mempunyai ketahanan serta kekuatan hingga ratusan tahun lamanya.

Metode tiang pancang lainnya adalah Baja dan Beton. Keduanya memang cukup unggul dengan berbagai macam bentuk seperti, persegi panjang sampai dengan silinder. Baja dan Beton ini memang saling melengkapi. Sehingga, saat digunakan biasanya baja terlebih dulu diisi kemudian beton, agar kondisi bangunan tampak lebih kokoh.

Cara Kerja yang Harus Diperhatikan

Sebelum menggunakan Drilling Machine sebagai salah satu alat pengeboran. Pastikan terlebih dulu mengetahui daya dukung pada tanah. Karena, setiap wilayah mempunyai daya yang berbeda. Dalam memperhitungkannya melihat juga kedalaman serta faktor aman sebagai salah satu syarat yang harus terpenuhi sebelum pondasi dikerjakan.

Daya dukung ini juga dipengaruhi oleh erosi tanah, perubahan kadar air di dalam, sebuah faktor cuaca turut diperhatikan juga. Perhatikan juga pada penurunan toleransi yang diizinkan. Agar tidak turun terlalu ke bawah. Jika, hal tersebut terjadi perhatikan seberapa ukuran dari dimensi pondasi yang akan dikerjakan.

Dalam persiapan melakukan metode tiang pancang harus memperhatikan berbagai macam pertanda. Usahakan diberi penanda agar tidak salah pada saat melakukan pengeboran sampai pengecoran. Lakukan juga teknik perencanaan sebelum eksekusi. Mulai dari pengangkatan, pemindahan, final set sampai proses pemancangan. Selalu lakukan quality control.

Beberapa Kekurangan yang Harus Diperhatikan

Tidak hanya kelebihannya saja, melakukan metode ini juga mempunyai kekurangan. Seperti, biaya yang dibutuhkan sangat mahal. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena, saat pemasangan serta prosesnya tidak mudah. Selain itu, berbagai macam materialnya memang menggunakan kualitas unggulan. jadi, secara umum mempunyai ketahanan cukup baik.

Metode tiang pancang dari segi pengerjaan membutuhkan waktu lebih panjang. Ini yang juga jadi beberapa alasan mengapa biayanya cukup mahal. Dalam pembuatannya harus dimulai dari awal. Memang Anda dapat membelinya dalam bentuk jadi. Hanya saja, kualitasnya sangat kurang. kemungkinan tahan lama memang diragukan.

Melakukan pembangunan dengan langkah ini Anda harus mempersiapkan harga cukup tinggi. Karena, proses pengerjaannya memang cukup rumit dan lama. Hanya saja, soal ketahanan jangan lagi diragukan. Sangat kokoh, bisa jadi solusi untuk warga perkotaan. Hanya saja, dalam melakukannya perlu peralatan berupa mesin yang tangguh.

Oleh karena itu, lakukan pembelian serta persewaan hanya di XCMG Indodrill. Perusahaan penyedia alat berat khusus pondasi terpercaya. Hampir semua alatnya berkualitas unggul dan produknya dijamin tidak membuat Anda kecewa. Untuk informasi lebih lanjut mengenai peralatan metode tiang pancang ini langsung kunjungi website www.xcmgindodrill.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *