Pengertian Sumur Deep Well dan Tahap Proses Pembuatannya

sumur deep well

Keberadaan sumur deep well ternyata banyak dipilih oleh masyarakat terutama yang tinggal di kawasan perkotaan untuk mendapatkan sumber air dengan mudah. hal tersebut bukan tanpa alasan karena jenis sumur ini ternyata mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan dengan jenis-jenis sumur lainnya.

Salah satu yang paling terlihat adalah adanya sumber air lebih besar dibandingkan dengan sumur lainnya. Penggunaannya juga biasanya digunakan oleh masyarakat perkotaan bahkan dapat digunakan untuk beberapa orang sekaligus. Kendati demikian, prosesnya memang seringkali memicu risiko besar terutama jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

Sumur deep well ini sendiri merupakan sumur bor yang akan mengambil sumber air tertekan di mana berasal dari lapisan aquifer atau dikenal dengan zona jenuh dibawah tanah. Kedalaman dari proses pengeboran dapat berkisar antara 150 hingga 200 meter. Kendati demikian, juga akan sangat tergantung pada kondisi hidrogeologi maupun izin dari pemerintah setempat.

Ada banyak alasan mengapa banyak orang yang lebih memilih jenis sumur ini dibandingkan dengan lainnya. Seperti adanya ketersediaan air lebih banyak dibandingkan dengan sumur dangkal atau pantek. Di samping itu, lapisan akuifer yang mengandung air asin maupun payau juga dapat dihindari sehingga air tidak akan membahayakan kondisi kesehatan seseorang.

Proses Pembuatan Sumur Deep Well 

Untuk membuat sumur jenis ini sendiri biasanya akan membutuhkan beberapa tahapan yang harus dilalui. Mulai dari tahap persiapan, pengeboran, konstruksi hingga finishing. Untuk lebih jelasnya

  • Tahap persiapan

Pada tahap ini, Anda diharuskan untuk menentukan dahulu titik atau lokasi dari pengeboran maupun sumber mata air. Di samping itu, juga harus menyiapkan semua perkakas maupun perlengkapan untuk ditaruh didekat lokasi kegiatan bor. Jika dibutuhkan buatlah, kolam yang digunakan untuk menampung air yang akan keluar selama proses pengeboran berlangsung.

Di samping itu, Anda juga bisa membuat bak lumpur maupun bak control. Proses penyetelan mesin bor juga terdapat pada proses persiapan ini. Lakukan pengaturan terhadap pompa serta selang-selangnya.

  • Pengeboran

Apabila tahap persiapan sudah dilakukan, maka langkah berikutnya adalah masuk ke proses pengeboran. Adapun sistem yang digunakan menggunakan bor putar atau rotary drilling dan tekanan bawah. Ini juga dibarengi dengan sirkulasi air yang terdapat di dalam lubang bor.

Proses drilling pertama adalah membuat lubang kecil dengan diameter 4 hingga 8 inci dengan kedalaman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam proses ini juga terdapat beberapa hal di mana harus diketahui seperti kekentalan lumpur, kecamatan mata bor dalam menembus lapisan tanah, dan masih banyak lagi.

  • Konstruksi

Selanjutnya dalam pembuatan sumur deep well adalah tahap konstruksi. Di dalam tahap inilah, terdapat beberapa proses yang harus dilewati seperti proses konstruksi pipa casing dan filter, penyetoran kerikil pembalut, pencucian dan pembersihan.

Selain itu juga terdapat tahap pengecoran atau grouting yang merupakan tahap akhir dari pekerjaan di atas. Ini dapat digunakan untuk tumpuan dari konstruksi pipa casing. Selain itu, melakukan pencegahan masukkan cairan permukaan pada pipa casing.

  • Tahap finishing

Terakhir terdapat bagian finishing yang dapat dilakukan melalui 2 tahap yakni uji pemompaan bertahap serta uji pemompaan panjang. Untuk uji pemompaan panjang biasanya akan dilakukan selama 2×24 jam dengan penggunaan debit tetap.

Kelebihan Sumur Tipe Deep Well

Keberadaan sumur jenis ini ternyata juga mempunyai beberapa kelebihan di dalamnya. Inilah yang menjadikannya banyak digunakan oleh masyarakat. Adapun kelebihan tersebut diantaranya adalah :   

  • Mempunyai sumber air besar

Kelebihan pertama yakni adanya sumber cukup besar. Ini jelas dapat diandalkan oleh masyarakat yang membutuhkan dalam jumlah besar. Dibandingkan dengan jenis biasa, maka deep well dapat memenuhi kebutuhan air dalam jumlah besar untuk rumah tangga, perusahaan maupun gedung-gedung lainnya.

  • Memiliki kualitas air cukup baik

Selain dapat memberikan sumber air cukup besar, penggunaannya ternyata dapat menghadirkan kualitas air cukup baik. Kendati demikian, agar bisa memperoleh kualitas air bagus maka proses yang harus dilewati juga harus benar dan baik.

  • Proses pengerjaan lebih cepat

Di samping itu, proses pengerjaannya juga lebih cepat jika dibandingkan dengan pembuatan jenis sumur lainnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena penggunaan alat-alat canggih sudah diterapkan dalam pembuatannya. Tidak heran cara ini bisa membuat Anda lebih hemat waktu.

Pembuatan jenis sumur diatas memang menjadi pilihan bagi banyak orang karena sejumlah kelebihan yang ditawarkan terutama untuk memenuhi kebutuhan air dalam jumlah besar. untuk proses pembuatan sumur deep well, pastikan menggunakan peralatan terbaik. XCMG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *