Artikel Alat BeratPipe Dope, Pentingnya Senyawa Ulir dalam Batang Bor HDD

July 5, 2021by XCMG Indodrill0

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari peralatan pengeboran Anda. Penggunaan dan perawatan yang tepat merupakan hal sangat penting. Disinilah pipe dope atau biasa disebut senyawa ulir serta pelumas berperan.

Peran penting tersebut adalah jika saja nanti terdapat kegagalan tidak terduga, dimana dapat mengakibatkan meningkatnya biaya proyek. Sudah terjadi pada banyak kasus dimana kegagalan pada HDD atau Horizontal Directional Drilling.

Disebabkan karena penggunaan pipe dope yang tidak mencukupi dan tidak tepat. Pipe dope ini memastikan kelancaran pemasangan dan pelepasan sambungan pipa untuk mencegah kerusakan pada peralatan.

HDD sekarang sudah banyak digunakan untuk pemasangan proyek saluran pipa trenchless atau tanpa parit. Disebabkan pengoperasiannya yang dapat menghemat biaya, lebih cepat dan cenderung tidak menganggu.

HDD tersebut membantu kontraktor untuk melakukan pengeboran lebih cepat dan pengoperasian lebih lama. Nantinya proyek dapat selesai dengan tepat waktu dan efisien serta agar lebih cepat pindah ke proyek selanjutnya.

Tetapi dengan adanya hal tersebut terkadang membuat pemeliharaan perlengkapan seperti pada batang bor menjadi terabaikan. Perlengkapan HDD terutama pipa bor termasuk mahal, mencapai sekitar 3 persen dari total biaya pengeboran.

Pipe Dope atau Senyawa Ulir

Pipe dope merupakan senyawa anti-seize yang diaplikasikan kepada batang bor agar tidak mudah tersangkut saat dioperasikan. Senyawa tersebut mengandung pelumas berbahan tembaga-minyak dengan tekanan yang tinggi.

Senyawa ulir mempunyai banyak fungsi seperti mengurangi tingkat getaran, melindungi permukaan logam, memberikan lapisan untuk mencegah kebocoran. Senyawa tersebut juga dapat melindungi permukaan logam yang bersentuhan serta untuk menahan korosi.

Pemilihan senyawa ulir pada bor yang tepat sangatlah penting, apalagi sekarang sudah ada peraturan lingkungan yang ketat untuk itu. Komposisi dari pipe dope ini terdiri dari komponen.

Seperti bubuk padat, minyak, cairan pelumas, dan zat aditif mudah larut. Bahan padat pelumas senyawa ulir adalah timbal, seng, grafit, tembaga, talc, muskovite, kalsium karbonat dan flouride, serta polytetrafluoroethylene.

Permasalahan yang ada Pada Batang Bor

Batang bor atau drill rod adalah bagian integral perlengkapan pengeboran menyebabkan kinerjanya akan berpengaruh kepada proyek. Rangkaian bor bisa bertahan jika penggunaan senyawa ulir dan pelumas secara tepat dan memadai.

Beberapa masalah yang biasa dihadapi oleh batang bor adalah tingkat keausan ulir, keausan kotak, keausan bagian body tengah. Dan kerapuhan, keretakan, serta munculnya bengkok dan kebocoran.

Keausan ulir dikarenakan adanya kondisi galling menjadi alasan utama dari kegagalan batang bor. Ini terjadi dikarenakan terjadinya adesi logam dengan tingkat kekerasan sama disaat baja meluncur pada permukaan baja lainnya.

Setelah aus, maka permukaan akan terus mengalami keausan. Jika hal tersebut dibiarkan maka dapat menyebabkan kegagalan dan macet pada bagian sambungan. Terdapat cara untuk melindungi sambungan tersebut.

Dimana sambungan tersebut agar dapat memastikan masa servisnya selesai dengan tepat. Diharuskan untuk menggunakan pipe dope dengan kualitas baik untuk mencegah permukaan saling bersentuhan secara langsung.

Untuk mencegah terjadinya keausan pada ulir, pemilihan tingkat kekerasan pada permukaan yang bersentuhan akan lebih membantu. Selain itu perawatan pada sambungan harus tetap berjalan dengan teratur.

Dengan cara melumasinya serta bagian yang sudah mulai aus segera diganti dengan bagian baru. Perawatan harus rutin dan pergantian bagian aus tersebut harus diganti secepatnya.

Pentingnya Pipe Dope untuk Batang Bor

Penggunaan batang bor untuk suatu proyek secara terus menerus harus dilakukan sebuah perawatan agar tidak terjadi kegagalan dan kerusakan. Pemberian pipe dope dapat memberikan beberapa keuntungan sebagai berikut.

  1. Mengurangi tingkat getaran pada bagian dalam lubang yang dapat menimbulkan keretakan pada batang bor.
  2. Melindungi permukaan logam pada ulir, dan memberikan lapisan yang memadai untuk mencegah terjadinya kebocoran.
  3. Mencegah galling dengan melindungi permukaan logam yang bersentuhan. Senyawa ulir berkualitas bagus akan memiliki beberapa kandungan logam halus, seperti seng, timbal atau tembaga.
  4. Melakukan pencegahan terjadinya pembengkakan pada batang bor, disebabkan oleh torsi berlebih, pengencangan berlebih atau getaran berlebih pada lubang bor kering.
  5. Meningkatkan daya tahan terhadap korosi dan karat, dikarenakan anti air serta tidak hilang atau luntur jika terkena air.

Pemilihan Pipe Dope yang Tepat

Pada pemilihan senyawa ulir perlu dilakukan beberapa pertimbangan. Mulai dari torsi atau momen putaran, variasi suhu, regulasi lingkungan sekitar, dan jenis sambungan yang digunakan pada peralatan bor.

Pertama adalah faktor torsi atau gesekan. Banyak pengaplikasian HDD mempunyai faktor gesekan antara 1.0 dan 1.1. Hal itu untuk memastikan keterlibatan koneksi yang tepat dan untuk mencegah adanya kebocoran.

Susunan torsi yang tepat pada sambungan dapat dilakukan perhitungan. Dengan cara mengalikan faktor gesekan dengan susunan torsi diperlukan untuk membuat sebuah sambungan yang akan dibentuk.

Kedua adalah variasi suhu, dimana suhu saat musim panas menyebabkan senyawa menipis sedangkan pada musim dingin senyawa akan menebal. Salah satu dari keduanya nantinya akan mempengaruhi laju dari penetrasi.

Untuk menyediakan variasi suhu ini senyawa ulir tersedia untuk tingkat musim dingin dan musim panas. Dengan itu, formula untuk segala jenis musim dapat digunakan pada semua variasi musim.

Ketiga merupakan regulasi lingkungan sekitar, beberapa proyek diharuskan menggunakan senyawa ulir bebas logam yang ramah lingkungan. Wajib dalam memilih senyawa yang tidak mudah luntur jika terkena air.

Beberapa senyawa padat non-logam berkualitas baik adalah talc, grafit, muskovite, PTFE, kalsium karbonat serta kalsium flouride. Penggunaan pipe dope dan pelumas penting untuk mencegah keausan.

Sekaligus meningkatkan masa pakai batang bor dan perlengkapan terkait. Disarankan menggunakan senyawa ulir dengan kandungan setidaknya 50% partikel seng selama masa penggunaan batang dan casing.

Perawatan batang bor dengan tepat dapat memperpanjang umur pemakaian lebih lama. Biaya operasional lebih murah, tingkat penetrasi lebih baik, dan meningkatkan keseluruhan kinerja proyek pengeboran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *