Artikel Alat BeratProses Kerja Alat Bor HDD Memudahkan Galian Sumur Horizontal

March 22, 2021by XCMG Indodrill0

Alat bor HDD merupakan perangkat berat Horizontal Direction Drilling. Sesuai namanya, proses penggunaan yakni dengan mengebor atau membuat lubang galian sebagai wadah untuk meletakkan pipa air. Pekerja dapat menggali terowongan atau sering disebut tunneling sehingga memudahkan proyek pembangunan.

Ketika melakukan teknik pengeboran, proses yang sering dilakukan adalah membuat lubang secara vertikal. Cara ini juga membantu menghemat biaya, efisien dan cepat. Tetapi metode demikian tidak selalu berhasil karena beberapa hal seperti terdapatnya penghalang berupa jalan, sungai, kabel listrik atau pipa gas.

Untuk mengatasi kesulitan atau hambatan selama proses pengeboran, metode sangat tepat bisa dilakukan adalah dengan melakukan teknik pengeboran horizontal atau HDD Forward. Secara teknik, pekerja yang dapat melakukan ialah mereka dengan keahlian khusus serta mampu menggali lubang satu arah.

Tentang Alat bor HDD

Mesin HDD termasuk alat berat yang dilengkapi dengan komponen canggih. Berfungsi untuk mendeteksi lokasi target sehingga lebih mudah dilakukan proses pengeboran. Horizontal Direction Drilling memanfaatkan pantulan suara melalui mata bor, menginformasikan tentang kedalaman, kemiringan atau suhu tahan ke sistem operasi mesin.

Pengeboran berarah atau horizontal menggunakan mesin HDD termasuk teknik relatif baru dalam teknologi bor. Membantu Anda dalam menghemat waktu dengan tidak perlu memotong kemudian menyambung ulang pipa bawah tanah atau kabel listrik tegangan tinggi. Teknologi ini dianggap paling tepat untuk segala macam konstruksi berat.

Beberapa konstruksi yang bisa menggunakan Alat bor HDD misalnya untuk menggali lubang di atas jalan raya, jalur rel kereta, didasar danau, sungai atau lahan basah. Berfungsi efektif pada wilayah padat penduduk dengan banyaknya pemukiman seperti terdapat pada kota besar.

Keuntungan lainnya menggunakan alat pengeboran HDD ialah meminimalisir dampak kerusakan yang sering terjadi ketika menangi sebuah proyek pembangunan. Menjaga lingkungan agar tidak tetap terpelihara serta mengurangi waktu ketika tengah melakukan proses pengeboran sehingga lebih hemat biaya.

Prinsip utama Alat bor HDD ialah dengan menggunakan setidaknya 4 tahapan pengeboran. Pertama ialah melakukan proses persiapan, melakukan analisa seputar medan yang ingin dibor. Kedua memastikan pekerja membuat titik alias rancangan. Kemudian meta ulang lubang dan terakhir tahap pemasangan pipa.

Proses Kerja Alat HDD Forward

Horizontal Direction Drilling menggunakan prinsip pengeboran HDD menggunakan teknologi pembaruan. Dimulai dengan langkah persiapan, pengeboran pilot, memperluas sumur, meletakkan pipa kemudian memasukkan objek ke dalam secara akurat. Metode memiliki kelebihan cukup signifikan termasuk melakukan transisi pendek.

  • Persiapan awal

Proses persiapan sebelum melakukan pengeboran dengan alat HDD ialah dengan melihat, mengamati tentang struktur tanah, dan apakah terdapat hambatan di sekitar sumur yang nantinya akan dibor. Ketahui juga di mana posisi persisnya atau membuat pengukuran 10x15meter di sekitar tanah konstruksi.

Pekerja harus melakukan pembersihan di sekitar area tersebut kemudian ratakan. Untuk persiapan lainnya Anda bisa menggunakan peralatan lain. Setelah itu, mulailah mengebor dibantu oleh sumbu longitudinal yang disejajarkan dengan lubang bor. Agar mengurangi gesekan antar mata bor, bisa menambahkan bentonite.

  • Lubang pilot bor

Alat bor HDD menggunakan metode pengeboran dimulai dari titik masuk ke keluar mengikuti skema atau rancangan yang sebelumnya sudah dibuat. Metode ini diarahkan secara horizontal dengan diameter 10cm dan selama proyek berlangsung, pergerakan mesin harus selalu dipantau oleh sistem agar arah, ke dalam atau pergerakan sesuai.

  • Pengeboran horizontal

Cara khusus untuk memasukkan pipa ke dalam tanah galian dibantu oleh mesin drilling. Dilakukan pada area seperti tepi jalan, samping sungai dan banyak lokasi dengan hambatan tertentu. Metode ini memungkinkan pekerja melakukan pengeboran secara akurat. Memasukkan pipa ke lubang pilot secara perlahan.

Setelah proses pengeboran sesuai dengan diameter yang diinginkan, pasang pipa ke dalam sumur horizontal. Pekerja dapat membuat desain atau rig disesuaikan juga pada gambar atau sketsa di mana sebelumnya telah dibuat terlebih dahulu. Maka untuk melakukannya, Anda dapat memilih pekerja pengeboran profesional.

Metode pengeboran horizontal umumnya menggunakan peralatan flusing, mesin tunneling atau drilling. Kemampuan utama teknologi ini ialah memungkinkan kita membuat galian tanpa perlu membangun parit terlebih dahulu, bisa dilakukan di area pemukiman, hutan hingga sungai. Alat bor HDD sangat efektif membuat galian segala medan. XCMG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *