Roadheader adalah Mesin Pemecah Batu Paling Canggih Super Bertenaga

Roadheader adalah

Roadheader adalah sebuah mesin berteknologi tinggi yang bertugas untuk membantu pemecahan batu-batu besar untuk konstruksi bangunan atau galian. Alat ini terbilang sangat self-propelled serta memiliki daya sangat besar sekaligus super bertenaga. Tersedia berbagai jenis mesin untuk skala besar sampai ringan.

Roadheader merupakan sebuah merek yang diproduksi oleh Antraquip. Bobot dari alat ni sendiri bisa mencapai 13 hingga 80 ton sehingga memiliki model relatif besar. Penggunaannya sangat efektif dipakai pada pembangunan terowongan, jalan raya, dam air, melibas berbagai bebatuan gunung tanpa menggunakan peledak/bom.

Mesin yang dihasilkan oleh Roadheader digerakkan oleh tenaga elektro-hidraulik sehingga sangat amat bagi lingkungan. Ketika diaktifkan, alat tidak akan menghasilkan asap atau sisa pembakaran seperti perangkat berat pada umumnya. Terdapat kepala pemotong yang bertugas untuk membuat pecahan bebatuan.

Tentang Alat Berat Roadheader

Roadheader adalah mesin canggih pemotong bebatuan yang bisa membantu proyek besar manusia terutama wilayah di pertambangan batubara, emas, timah, atau mineral lainnya. Selama prosesnya, alat ini akan dimasukkan ke dalam konstruksi bawah tanah kemudian menggali lubang.

Kelebihan dari mesin berat ini adalah tidak menimbulkan kebisingan bahkan bunyi nyaring di sekitar area. Roadheader juga jarang menghasilkan getaran yang berbahaya bagi bangungan diatasnya. Sehingga tetap menjamin keselamatan para pekerja pertambangan bawah tanah. Selain berfungsi sebagai pemecah batu dikedalaman, juga sering dipakai untuk pembuatan terowongan.

Terutama terowongan yang menghubungkan antara jalan raya, rel kereta api atau saluran pembuangan bawah tanah. Agar alat ini bisa efektif ketika menggali, diusahakan untuk melakukan penggalian material kurang dari 8000psi. Tujuannya agar perangkat dapat stabil ketika digunakan.

Roadheader adalah alat berat pemecah batu super canggih serta bertenaga karena dibekali dengan komponen drum pemotong. Petugas bisa mengganti part sekaligus mengecek kondisi secara berkala. Perawatan penting dilakukan agar mesin terus berfungsi dengan baik terlebih bisa dipakai untuk pengeboran secara horizontal atau aksial.

Merek tertentu dari mesin roadheader juga dilengkapi dengan kepala cutter super kuat sehingga mudah untuk proses pemotongan secara geometri. Misalnya saat akan menggali jalan raya atau terowongan bawah tidak perlu menggunakan bom peledak. Alat juga paling ideal bagi proyek pertambangan batuan keras hingga lunak.

Kelebihan dan Model mesin Roadheader

Alat ini memilki kecanggihan untuk memecah bebatuan keras dalam waktu singkat sehingga berpengaruh pula pada efisiensi tenaga atau biaya. Bobot mesin rata-rata mencapai 60-120 ton dengan daya antara 412 hingga 504kmwhatt. Berdasarkan modelnya, Roadheader sendiri memiliki jenis yang berbeda-beda.

Pemilihan mesin dapat dilakukan dengan melihat model perangkat salah satunya yang memiliki cutter head, dipasang pada boom. Pemotong ini terlihat mirip drum kemudian diletakkan secara sejajar atau tegak lurus. Fungsi lainnya lebih paku, bergerigi raksasa serta tugasnya untuk memecah batu-batuan.

Alat juga dilengkapi oleh pengumpul eksavator layaknya rahang raksasa. Pada awalnya, Roadheader adalah sebuah alat yang tugas utamanya adalah untuk membantu penggalian di pertambangan batubara. Namun kini, tidak sedikit proyek sipil seperti konstruksi bangunan atau gedung menggunakan tenaga mesin ini.

Dibantu oleh mekanisme penggalian secara mekanik, sangat memungkinkan banyak bangunan yang memiliki desain terowongan sukses dibantu oleh alat roadheder. Sudah banyak berbagai aplikasi di luar pertambangan. Beberapa contohnya seperti pembuatan rumah gua di Coober Pedy Australia.

Mesin bor khusus pembuatan terowongan parsial sangat membantu pekerja penggalian. Terutama di kota-kota besar dengan tingkat kepadatan penduduk sementara area untuk jalan sangat terbatas. Maka sebagai solusinya, pembangunan konstruksi yang dilakukan di dalam bawah tanah atau menembus tempat lain seperti perbukitan, hingga pegunungan.

Penggunakan alat berat seperti road header memiliki tujuan untuk mengurangi risiko selama proses pembangunan terowongan berlangsung. Meringankan beban biaya, mengedepankan prinsip penggalian media bebatuan juga tanah tanpa proses peledakan sehingga membuat lingkungan sekitar tetap aman.

Partial face boring machine cocok digunakan pada lahan dengan kondisi bebatuan berlapis atau memiliki kekuatan 100mpa. Alat pemotong diletakkan sepanjang lengan eskavator kemudian dipakai untuk memecah batuan menjadi kecil-kecil. Berdasarkan arah pergerakan, Roadheader adalah alat yang dibedakan menjadi dua jenis yakni aksial dan transverse. XCMG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *