Artikel Alat BeratTeknologi Tanpa Galian Solusi Terbaik untuk Pembangunan di Indonesia

February 5, 2021by XCMG Indodrill0

Teknologi tanpa galian merupakan salah satu teknik yang sedang digunakan di berbagai negara termasuk Indonesia. Metode ini memungkinkan pembangunan tanpa harus menggali dasar bumi terlebih dulu. Proyek semacam ini biasa digunakan di berbagai kota besar terutama wilayah dengan jumlah penduduk padat seperti, Jakarta.

Menggunakan teknik ini memungkinkan menurunkan segala risiko terhadap kecelakaan dari para pekerja konstruksi. Selain itu, pekerjaan jadi lebih efisien sehingga, waktu pengerjaan lebih cepat biaya yang dikeluarkan juga bisa hemat. Faktor terbesar dalam pembengkakan anggaran sebuah proyek ada di waktu pengerjaan.

Sebagai contoh, saat menggali sebuah jalan. Pasti harus ada penutupan, kemudian saat mengebor harus hati-hati bila ada kabel, pipa gas, atau saluran air bersih. Harus hati-hati dan wajib memindahkannya terlebih dulu. Proses pemindahan ini yang menghambat pekerjaan.

Harusnya mampu selesai dalam 3 hari tetapi, mundur 5 hari. Belum lagi faktor cuaca juga jadi penghalang selanjutnya. Oleh karena itu, solusi teknologi tanpa galian dapat dijadikan sebagai poin utama. Menurut pengertiannya metode ini adalah membuat sebuah saluran atau terowongan dengan memanfaatkan alat berat.

Tahapan Penggalian pada Suatu Wilayah

Alat yang digunakan untuk mengebor ini disebut dengan Trenchless equipment. Cara kerjanya tidak terlalu rumit sebenarnya. Karena, tidak perlu mengebor tanah terlebih dulu sejak awal. Pengeboran hanya dilakukan pada saat awalan dan akhiran saja. Kecuali, pada saat mengerjakan sebuah proyek yang cukup panjang.

Membutuhkan beberapa titik saja. Jadi, menggunakan Tunnel Roadheader serta Drill Jumbo. Sudah dipasang pipa. Kemudian di tarik mengisii bagian terowongan hingga ke dalam menggunakan peralatan sama. Coba saja bayangkan bila tidak menggunakan teknologi tanpa galian Anda harus membuka lapisan bumi ini terlebih dulu.

Kemudian, pipa di masukkan tidak terbayang berapa waktu terbuang percuma. Pada penerapan metode ini Anda harus memperhatikan lubang galian atau disebut manhole. Pembuatannya pada ujung menggunakan excavator atau manual tangan. Untuk ukurannya sendiri tergantung pada situasi lokasi. Oleh karena itu harus ada pengukuran terlebih dulu.

Tujuan utama pembuatan manhole adalah melihat bagaimana struktur tanahnya, biasanya mempunyai ukuran 2x2x2. Dengan begini para pekerja mengetahui berapa tebal lapisan, jenis material di dalam. sampai seberapa keras batunya. Langkah selanjutnya, Trencheless machine akan disesuaikan pada lubang tersebut.

Seluruh sisa galian akan dikeluarkan serta dipindahkan lalu, masukkan record data dan menentukan mana titik akhirnya. data tersebut sangat dibutuhkan sebelum proses pengeboran ini terjadi. Setelah semua selesai teknologi tanpa galian sudah masuk tahap akhir. Tinggal menunggu semua data dari dalam tanah tersebut.

Menggunakan Berbagai Macam Prinsip dalam Proses Ini

Ada banyak hal harus dilakukan dalam berbagai prinsip ini. Salah satunya adalah menjadi pemandu dalam pengeboran bumi. Di mana pada ujung bor Trencheless Machenary sudah dilengkapi dengan sebuah sensor yang akan memancarkan berbagai macam signal. Mengenai seluruh data tentang tanah itu.

Sensor tersebut berperan besar sebagai pendeteksi bagian dalam tanah itu. Dengan begini kesalahan melakukan berbagai gerakan drilling dapat dihindari. Pada prinsipnya, dispatcher selalu berkomunikasi dengan operator Trencheles Machine agar tidak terjadi kesalahan pada arah yang telah ditentukan sebelumnya.

Indonesia sendiri sudah menggunakan teknologi tanpa galian sejak pembangunan MRT, sekarang kereta cepat. Menurut petugas operator, kecepatan atau travel speed dari peralatan ini bekerja sangat cepat. Dengan berbagai macam data, mereka mampu menghasilkan 100 sampai 150 meter dalam waktu satu hari.

Jika, dikerjakan hanya menggunakan sistem biasanya atau manual. Membutuhkan 2 sampai 3 hari lebih lambat atau bahkan berminggu-minggu. Inilah keunggulan yang tidak boleh disia-siakan. Karena, melakukan penghematan pada setiap proyek sama saja dengan menyingkat waktu dari pengerjaan tersebut.

Prosesnya ada beberapa peralatan yaitu Drill Jumbo dan Tunnel Roadhearder. Keduanya diperlukan agar prosesnya menggunakan teknik baru tersebut berjalan lancar Hanya saja, saat mau membeli atau menyewa. Anda harus memperhatikan di mana tempatnya. Agar tidak kecewa saat menggunakannya untuk berbagai kebutuhan.

Ada satu penyedia alat berat terutama untuk pondasi, mampu memberikan jaminan bagus yaitu XCMG Indodrill. Menyediakan berbagai macam produk sesuai kebutuhan. Anda bisa sewa atau beli langsung, untuk informasi lebih lanjut kunjungi website kami di www.xcmgindodrill.com. Mesin teknologi tanpa galian tempat kami terjamin kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *